POPULAR STORIES

Honda City Generasi Ke-5 Resmi Meluncur, Bakal Sama Dengan Tampang Jazz Baru?

Honda City Generasi ke-5 Resmi Meluncur, Bakal Sama dengan Tampang Jazz Baru? Honda Thailand

KabarOto.com - Generasi ke-5 Honda City resmi meluncur di Thailand. Selain pembaruan tampilan, model ini diklaim punya ruang kabin lebih lega, kualitas material dan perubahan internal mesin.

Pasar Thailand, mesin 1.000 cc tiga silindernya dilengkapi turbocharger yang telah lolos uji emisi di negaranya. Sedangkan untuk pasar India tahun depan, nampaknya akan dijual dengan 2 mesin yakni berbahan bakar bensin dan diesel.

Siluet mobil ini lebih berbentuk bundar ketimbang generasi sebelumnya, lampu depannya dilengkapi LED dengan bentuk seperti berlian. Mobil ini juga dimensinya lebih panjang 100 mm, juga lebih lebar 53 mm daripada Honda City generasi keempat. Namun tinggi mobil jadi lebih rendah 28 mm dengan wheelbase 11 mm lebih pendek yang membuat karakter sedannya lebih terlihat.

Baca Juga: Ini Kemeriahan Honda Fastival 2 Di JIExpo

Mesin 1.000 cc dengan turbocharger tersebut dapat mengeluarkan tenaga sebesar 120 dk dengan torsi 173 Nm. Honda mengklaim bahwa tenaganya setara dengan mesin 1.500 cc dan torsinya sekuat mesin 1.800 cc.

Turbocharger-nya sendiri menggunakan Borg Warner tipe single-scroll. Fitur lainnya, mobil ini sudah mengadopsi Variable Valve Timing Control (VTC) dan Variable Valve Timing and Lift Electronic Control (VTEC) dan transmisinya 7 tingkat percepatan.

Kabarnya, Honda juga bakal memproduksi mobil ini dengan mesin 1.500 cc petrol dengan i-MMD mild-hybrid seperti yang dipakai pada Honda Jazz di sana, namun untuk detail transmisinya belum secara resmi diumumkan. Pastinya, mobil ini telah menembus target batas maksimum kadar CO2 yakni dibawah 100 g/km dengan konsumsi bbm 23,8 km/liter.

4 tipe telah dijual di Thailand dengan tipe S yang terendah dan tipe RS yang tertinggi. Tipe S dijual seharga Rp 269 jutaan sedangkan untuk kali pertama ada tipe RS dijual Rp 344 jutaan.

Wajah baru City ini kemungkinan akan menjadi wajah generasi terbaru Honda Jazz yang dijual di kawasan ASEAN. Sebab Honda Fit generasi terbaru yang diperkenalkan di Tokyo Motor Show 2019 pada bulan silam dikabarkan hanya untuk pasar Jepang dan Eropa.