POPULAR STORIES

Honda Civic Ferio Modifikasi Mesin Integra, Gaya Super Rapi

Honda Civic Ferio Modifikasi Mesin Integra, Gaya Super Rapi Sumber : kakikereta.com

KabarOto.com – Gaya street racing memiliki banyak peminat karena langsung mendongkrak tampilan mobil, sebut saja aksesori seperti spoiler, kap karbon, body kit, jok racing, gauges, dan sebagainya merupakan faktor pendungkung pada aliran ini. Tidak hanya itu, sektor mesin biasanya turut diutak-atik demi mendapatkan performa lebih maksimal.

Namun kali ini ada keunikkan dari gaya Civic Ferio atau biasa kita kenal sebagai Civic Genio di Indonesia milik Azihan Hassim asal Malaysia yang mungkin bisa jadi referensi modifikasi Sobat KabarOto. Mobil tersebut merupakan lansiran 1992, berbalur warna seperti putih gading.

Kita mulai dari tampilan eksteriornya, tidak ada tambahan aksesoris yang ekstrem seperti spoiler besar, winglet, karbon dan sebagainya. Hanya sentuhan simpel seperti kap mesin dan fender depan J’s Racing, lalu lips depan Mugen, lampu Denji, serta spion lansiran Craft Square. Pokoknya bermain bersih dan rapi adalah kunci utamanya.

Baca Juga : Apa Sih Modifikasi OEM Look? Ini Penjelasannya

Dipadukan dengan pelek racing aftermarket Racing Hart CP035 warna gold, ukuran 16 inci. Berbalut ban performa tinggi Bridgestone Potenza RE71R ukuran 205/50 R15. Sementara sistem pengereman pun telah di-upgrade menggunakan Spoon monoblok 300 mm lengkap dengan kampas Dexcel, dan selang rem braided supaya lebih tahan panas.

Suspensinya menggunakan sistem coilover ZerOne agar mudah diatur tinggi rendahnya, lalu dipasangkan juga pelengkap seperti lower arm Function 7, traction bar K-Tuned, dan bushing semua diganti Hardrace sehingga pastinya mobil ini sudah pede ketika diajak melahap tikungan.

Hal menarik bisa kita temui di balik kap mesin nih, sebab mesin yang awalnya D16 telah ditinggalkan berganti dengan K20A, mesin ini merupakan milik Integra DC5R. Mesin ini bersemayam rapi tanpa banyak kabel dan selang, dan inilah seni wiretuck. Berpegang pada mounting Hasport, harness Mil-Spec, cover koil K-Tuned, sensor TPS (Throttle Position Sensor), kit pulley dan radiator K-Tuned, kit Individual Throttle Body OBX, pompa bensin DeatschWerks DW200, regulator Aeromotive, dan selang pun diganti bahan titanium. Tidak lupa sistem pembuatan harus dimaksimalkan, oleh karena itu pipa diganti ukuran 2,5 inci full system dan berakhir di muffler J’s Racing. Kinerja mesin semua diatur oleh ECU Hondata K-Pro

Lantas dari mesinnya tersebut, disambungkan ke transmisi manual dari girbok DC5R, dan kopling Exedy. Master koplingnya diambil kepunyaan Honda S2000 dan selang kopling K-Tuned demi menyalurkan tenaga mesin ke roda depan.

Baca Juga : Ini Tips Buat Yang Mau Modifikasi OEM Look

Mengintip interiornya, sama rapinya dengan depan. Uniknya panel interior di-upgrade tahun jadi Civic EG8 94, lalu jok bucketnya menggunakan Recaro milik Civic EP3, Stirnya Spoon, lengkap bosskit Arospeed, spidometer diganti S2000, serta tuas transmisinya dipercayakan pada K-Tuned. Kenyamanan masih diperhatikan, masih ada AC, pemutar CD, power window dan sebagainya sehingga sangat layak dipakai harian.