Honda Civic Type R 2023 Rilis, Diklaim Paling Bertenaga

Honda Civic Type R 2023 Rilis, Diklaim Paling Bertenaga Honda Civic Type R 2023 (Honda)

KabarOto.com – Honda telah merilis kamuflase untuk Honda Civic Type R terbaru yang diklaim jadi generasi Type R paling bertenaga dari seluruh jajaran sejarah Type R selama 30 tahun.

Walau desainnya mirip seperti Civic RS karena memang ada beberapa komponen tidak diubah, tapi sebenarnya hampir seluruh bagian bodi memiliki perbedaan.

Misalnya kap mesin berventilasi, bumper depan didesain ulang dengan desain lebih dinamis dan bisa menyuplai udara lebih banyak ke intercooler, serta tidak memiliki foglamp karena dialokasikan sebagai tempat ventilasi angin ke samping. Lalu grill juga berbeda karena memiliki warna hitam dan emblem Honda merah dan Type R sebagai ciri khas.

Baca Juga : Ulasan Lengkap Tentang Sejarah Honda Civic Type R

Dari samping, seperti generasi sebelumnya, versi Type R lebih lebar. Terbukti dari fendernya yang memiliki ventilasi tambahan, serta tambahan side skirt yang lagi-lagi bertujuan untuk mengurangi hambatan angin.

Peleknya menggunakan model palang lima Y spoke finishing hitam. Jika sebelumnya mengaplikasikan ukuran 20 inci, maka sekarang lebih kecil dengan 19 inci dibalut ban ukuran 265/30 R19 Michelin Pilot Sport 4S.

Beralih ke bagian belakang, cukup banyak perbedaannya mulai dari spoiler baru model GT Wing berbahan alumunium yang berukuran lebih besar demi memberikan efek downforce. Lalu desain lampu rem pun berbeda walau jika dilihat garis dan dudukannya masih sama seperti RS. Serta bumper belakang memiliki desain lebih halus, dan disematkan reflektor vertikal di setiap sisi, dan finishing tiga buah knalpot di tengah.

Soal jantung pacu, masih mengandalkan mesin K20C 2.000 cc turbocharger yang diklaim lebih bertenaga yang bisa memuntahkan tenaga 315 dk dan torsi 400 Nm, serta dikawinkan dengan transmisi manual enam percepatan. Jika memang benar lebih bertenaga tentu akselerasi 100 kpj bisa kurang dari 5,7 detik.

Baca Juga : Toyota GR Supra Hadirkan Warna Spesial Terbatas 50 Unit Saja

Mengintip bagian dalam, tampilan dasbor tipe RS masih terasa kental. Namun dengan jok bucket baru berlapis suede warna merah, dan embos Type R di sandaran kepala. Lalu tampilan cluster speedometer digital didesain ulang bernuansa merah, dan emblem honda merah di setir.

Begitu juga karpet dan sabuk pengaman diganti merah, tuas transmisi alumunium, serta emblem nomor seri sekarang ditempel di ventilasi AC, sebelumnya kebanyakan di bagian konsol tengah. Headunit-nya model layar sentuh 9 inci berikut fitur Apple CarPlay dan Android Auto nirkabel, dan AC kontrol iklim zona ganda otomatis.

Belum ada keterangan harga dari Honda sampai artikel ini dibuat.