Ulasan Lengkap Tentang Sejarah Honda Civic Type R

Ulasan Lengkap Tentang Sejarah Honda Civic Type R Foto: Honda

KabarOto.comHonda Civic mengawali penjualannya sejak tahun 1972. Honda mengusung nama Civic, dengan harapan mobil tersebut bisa menjadi, ‘mobil semua orang dan dunia’.

Kini, Honda Civic telah mencapai generasi ke-10. Mengetahui potensi Civic yang besar untuk jadi mobil high performance, Honda akhirnya membuat tipe tertinggi dari Civic yaitu Type R.

Racikannya adalah bodi dan sasis lebih ringan dan juga rigid, mesin khusus lebih bertenaga dan rem lebih pakem, untuk mengimbangi performanya. Tidak lupa, ciri khas dari Type R yang memiliki emblem merah dan interior yang menunjukkan ciri mobil balap, pastinya berbeda dengan Civic biasa.

Lalu dari 10 generasi Civic, mana saja yang menjadi basis Type R? KabarOto kali ini akan membahas sejarah dari Civic Type R dari pertama sampai terakhir. (Deddy Darmanto)

1. MK1 Civic Type R (EK9) 6th Generation

Civic pertama kali memiliki Type R adalah saat generasi keenam dengan basis dari Civic hatchback berkode EK9. Generasi ini biasa dikenal di Indonesia dengan nama panggilan Civic Genio, yang berbodi sedan 4 pintu.

Mobil ini diperkenalkan pertama kali pada agustus 1997. Karakter mesin dari EK9 ini juga banyak memiliki kesamaan dengan Integra DC2 Type R.

MK1 Civic Type R (EK9) 6th Generation
MK1 Civic Type R (EK9) 6th Generation

Menggunakan mesin 4 silinder berkode B16B, VTEC, DOHC berkapasitas 1.600 cc. Mesin ini memiliki output 182 dk pada 8.200 rpm dan torsi 160 Nm pada 7.500 rpm. Disalurkan melalui transmisi close ratio manual 5 percepatan.

Dengan beratnya yang sekitar 1.040-1.090 kg, mobil ini mampu menempuh dari diam sampai 100 kpj hanya dalam 6,6 detik, dengan kecepatan maksimal dari EK9 sendiri mencapai 225 kpj.

Versi motorsport-nya sempat dikeluarkan oleh Honda di tahun 1998, dengan fitur-fitur kelistrikan yang dipangkas habis untuk keperluan balap seperti AC, power window, power steering, head unit dan menyisakan interior Type R-nya saja.

Lalu ada juga Type RX yang memiliki fitur lebih lengkap dengan auto retract mirror, AC auto climate, keyless entry, panel tengan karbon dan juga pedal besi.

Gokilnya lagi, di tahun 2000, divisi balap Honda, Spoon Sports membuat EK9 untuk N1 Racing. Bedanya pada varian RX, putaran maksimal mesin yang tadinya di angka 8.400 rpm, kini dibuat dapat mencapai 11.000 rpm.