Rem Mobil Berdecit? Ini Nih Solusinya

Rem Mobil Berdecit? Ini nih Solusinya Jika dibiarkan berlarut-larut yang pasti dapat mengganggu fungsi rem secara optimal. (Foto: Kipli)

KabarOto.com - Sobat Kabaroto pasti sering mendengar bunyi mendecit pada rem, indikasi itu adalah masalah yang sudah umum dialami mobil. Meski sering dianggap sepele dan tidak mengganggu asyiknya berkendara.

Namun jika tidak diantisipasi, potensi bahaya bisa mengintai kapan saja. Jika dibiarkan berlarut-larut yang pasti dapat mengganggu fungsi rem secara optimal.

"Rem mendecit biasanya karena ada tumpukan kerak kotoran seperti debu, residu oli atau gemuk di cakram dan tromol. Hal itu lantaran banyak dari pemilik mobil enggan melakukan perawatan, meskipun sudah tahu kalau kondisi rem sedang tidak prima" jelas Herry Liu dari Bandar Per, Cikokol, Tangerang.

Padahal efek rem mendecit bukan cuma bikin kampas dan cakram cepat tipis. Tapi juga bisa membuat komponen di sekitar rem cakram melenting akibat suhu panas yang berlebihan karena terjadi gesekan antar komponen.

Mengatasi atau menghilangkan decit pada rem mobil tidaklah sulit. Hanya butuh membersihkan cakram, tromol dan komponen lainnya yang ada di seputar roda mobil. "Peralatan yang dibutuhkan juga terbilang sederhana diantaranya kunci roda, dongkrak, lap (kain bersih), kuas halus, cairan khusus pembersih rem atau kompresor jika tersedia," imbuhnya.

Baca Juga: Kampas Rem Menipis? Ini Cara Mudah Deteksinya