Honda Civic Type R FK8 Makin Bertenaga Pakai Turbo Spoon

Honda Civic Type R FK8 Makin Bertenaga Pakai Turbo Spoon

KabarOto.com - Sejak peluncuran Civic Type R FK8, Spoon telah memfokuskan upgrade pada potensi mesin turbo K20C. Mulai dari pengaturan ECU menggunakan Hondata agar lebih meningkatkan kinerja mesin, serta beberapa ubahan lainnya seperti filter udara dan exhaust.

Hanya dengan mengoptimalkan pengaturan ECU men-setting waktu pengapian dan penyesuaian bahan bakar, sudah meningkatkan output sekitar 40 dk dari standarnya. Namun apabila kalian masih belum puas, mungkin cara selanjutnya bisa upgrade ke Big Turbocharger Kit Spoon.

Baca juga: Spesifikasi Monster Hyundai I20 Coupe WRC

Menggunakan turbo MHI terbaru memiliki teknologi analisis CFD membantu mengoptimalkan bentuk kompresor dan bilah turbin. Diameter turbonya semakin besar, menghasilkan output tenaga lebih besar tanpa mengorbankan torsi bawah hingga tengah. Selain itu, pemasangannya mudah dan cepat karena bersifat plug and play (PNP).

Bentuk kompresor dan jumlah bilah telah dioptimalkan, agar aliran angin lebih tinggi dan dorongan meningkat, ukurannya sedikit diperbesar dari diameter asli 58 mm menjadi 65 mm. Bentuk bilah dan jumlah roda turbin dalam juga telah ditingkatkan dan diameternya dimodifikasi dari 47 mm menjadi 52 mm, mereduksi tekanan pada knalpot dan meningkatkan respons mesin.

Baca juga: Awas Kebakaran, Jumper Aki Atau Baterai Kendaraan Ada Tekniknya Sob!

Melalui penggantian ini bisa meningkatkan tenaga awal yang tadinya 301 dk, menjadi 410 dk, sementara torsi 392 Nm meningkat menjadi 540 Nm. Namun dengan catatan melakukan pergantian muffler Spoon N1, pengaturan ECU Hondata dan filter udara spoon. Serta apabila kalian ingin menggunakan turbo tersebut disarankan mengganti kopling lebih kuat untuk mengimbangi tenaganya.

Soal harga Spoon membanderol dengan harga 330.000 Yen atau sekitar Rp 42 jutaan.