Spesifikasi Monster Hyundai I20 Coupe WRC

Spesifikasi Monster Hyundai i20 Coupe WRC

KabarOto.com – Hyundai Motorsport masih mengandalkan Hyundai i20 Coupe WRC untuk menghadapi World Rally Championship (WRC) 2021.

Hyundai i20 Coupe WRC menjadi senjata utama pabrikan asal Korea Selatan untuk menyabet gelar juara musim lalu. Memiliki performa yang luar biasa, mobil ini biasa bukan Hyundai i20 Coupe biasa yang beredar di jalan raya, terutama Eropa.

Layaknya sebuah monster, Hyundai i20 Coupe WRC ini dibekali mesin 1.600 cc turbo bertenaga 380 hp dan torsi 450 Nm. Tenaga yang besar disalurkan melalui transmisi 6 percepatan sequential menuju empat roda.

Sebagai catatan, Hyundai i20 Coupe WRC mampu melesat 0-100 km/jam dalam waktu kurang dari 4 detik.

Baca Juga : Gazoo Racing Kenalkan Toyota Yaris WRC Baru

Performa ini mendapatkan traksi dari 2 pilihan pelek dan ban yang digunakan menyesuaikan kondisi. Pada kondisi trek tarmac, Hyundai i20 Coupe WRC menggunakan pelek berukuran 18x8 inci dan dibalut ban Michelin Pilot Sport. Sedangkan, untuk kondisi gravel atau tanah, akan menggunakan pelek ukuran 17x7 inci dan ban Latitude Cross.

Kedua jenis pelek dan ban ini dipadukan dengan sistem pengereman 4 piston berukuran 370 mm saat lintasan tarmac dan 300 mm saat lintasan gravel atau tanah. Sistem pengereman ini didukung oleh suspensi MacPherson struts dengan pengaturan peredam yang disesuaikan.

Baca Juga : Misi Hyundai Motorsport Pertahankan Gelar WRC 2021

Sebagai mobil balap dengan performa luar biasa, mobil ini dibekali sebuah pelindung berupa pipa-pipa besi yang disebut rollcage. Komponen ini bekerja sebagai penguat sasis dan pelindung kabin bila terjadinya kecelakaan.

Selain itu, fitur rollcage bisa menjadi tempat di mana seat belt bisa dikencangkan untuk bisa menahan pengemudi dan navigator.

Material bodi yang digunakan sendiri menggunakan bahan yang berbeda dibandingkan mobil lain. Material yang digunakan membuat Hyundai i20 Coupe WRC memiliki bobot 1.190 kg. Sebenarnya masih bisa lebih ringan, namun terbentur dengan regulasi balap WRC yang sudah ditentukan.