POPULAR STORIES

Honda Civic Type R Terbaru Produksi Di Jepang

Honda Civic Type R Terbaru Produksi di Jepang Dok : Honda

KabarOto.com – Honda telah merilis Civic Type R terbaru beberapa waktu lalu. Namun dibalik itu, Honda baru-baru ini mengklaim bahwa semua unit mobil sport tersebut hanya akan dibuat khusus di Jepang.

Sebelumnya saat generasi terakhir FK8, Honda membuat mobil di pabrik Honda di Swindon, Inggris. Karena adanya kebijakan Brexit, Honda memutuskan untuk menutup pabrik tahun lalu setelah 36 tahun beroperasi.

Baca juga: Honda Civic Type R 2023 Rilis, Diklaim Paling Bertenaga

“Selama tiga generasi terakhir Civic Type R dibangun di Inggris karena merupakan satu-satunya pabrik yang membangun Civic Hatchback setelah model tahun 2006,” ungkap pihak Honda.

Mengapa Honda tidak membuat Civic Type R di Amerika Serikat? Padahal sebelumnya untuk bagian mesin dibuat di sana. Ternyata bukan itu, jawabanya cukup sederhana, karena fokus pabrik di Greensburg adalah pada volume pembuatan yang tinggi terhadap produk lain, dan tidak ada ruang untuk produksi khusus seperti Type R.

“Pabrik Indiana kami memiliki kapasitas dan fokus pada dua produk bervolume sangat tinggi, Civic Hatchback dan CR-V. Menambahkan model volume lebih kecil seperti Tipe R, sepertinya itu tidak sesuai dengan fokus fasilitas saat ini,” jelas Honda.

Baca juga: Honda Civic Generasi Baru Dapat Aksesori Honda Access

Pihak Honda bisa berharap nantinya produksi Civic Type R akan lebih maksimal di negara asalnya, dan menjadi pertama kalinya Civic Type R dibangun di Jepang serta diekspor secara global.