Honda Gandeng Ditlantas Polda Kampanyekan Keselamatan Berkendara Motor

Honda Gandeng Ditlantas Polda Kampanyekan Keselamatan Berkendara Motor Keselamatan berkendara motor didukung faktor emosional

KabarOto.com - Dalam rangka menyambut new normal saat berkendara sepeda motor, PT Daya Adicipta Motor (DAM) selaku main diler sepeda motor Honda di Jawa Barat, mengajak mahasiswa Universitas Islam Bandung mengikuti pelatihan safety riding. Pelatihan yang dilakukan secara online ini dihadiri oleh Ditlantas Polda Jawa Barat Kompol Eli Herlina, SH.

Materi yang diberikan tentang keselamatan berkendara lengkap dengan video simulasi. Sementara itu Instruktur Safety Riding DAM, Tamy Pratama memaparkan materi terkait pentingnya berkendara yang aman nyaman. Dalam materi tersebut Tama menjelaskan psikologis mempengaruhi cara berkendara seseorang.

Baca Juga: Dua Macam Gaya Berkendara, Pilih Yang Aman!

Psikologis berkaitan dengan emosi seseorang, dan jenis yang dimaksud adalah marah, bahagia, sedih, benci, takut, dan lainnya. Ini mempengaruhi cara berkendara. Selain itu disampaikan juga tips-tips berkendara yang pastinya sangat berguna bagi seluruh mahasiswa Psikologi, saat menganalisa setiap potensi bahaya selama di perjalanan.

Selain materi, agar tidak terlalu serius, panitia juga mengadakan games yang menarik. Ada dua orang pemenang yang akan diberikan apparel sebagai hadiah. Agar lebih mengena pesan yang disampaikan pihak Kepolisian dan juga instruktur safety riding, ditampilkan edukasi dalam bentuk video virtual tentang teknik berkendara, video animasi dan tips berkendara.

General Manager Motorcycle Sales, Marketing, & Logistic DAM, Lerri Gunawan, mengatakan materi yang diberikan sudah disesuaikan dengan kebutuhan dari mahasiswa Psikologi. "Materi yang disampaikan agar mahasiswa memprediksi setiap potensi bahaya yang akan terjadi selama berkendara saat di jalan raya," terangnya.

Baca Juga: Aman Berkendara Skuter Listrik, Apa Saja Yang Wajib Digunakan?

Lerri menambahkan, dalam webinar kali ini disampaikan perlunya beberapa aspek di dalam diri pada saat berkendara yang diantaranya, pengalaman, Keterampilan berkendara, pengetahuan, dan aspek emosional di dalam diri yang dirasa sangat penting.