POPULAR STORIES

Honda Kampanyekan Keselamatan Berkendara Dengan Cara Ini

Honda Kampanyekan Keselamatan Berkendara dengan Cara Ini

KabarOto.com - Yayasan Astra Honda Motor (Yayasan AHM) menyelenggarakan Kompetisi Film Pendek Keselamatan Berkendara. Sebanyak 116 film pendek diproduksi untuk menyebarkan semangat aman berkendara berbasis kearifan lokal.

Kompetisi yang bekerjasama dengan IAIN Surakarta, ini merupakan bagian dari upaya Yayasan AHM mengajak generasi muda bersama-sama mengkampanyekan keselamatan berkendara kepada masyarakat luas.

Baca Juga: Yayasan AHM Peringati Sumpah Pemuda Dengan Angklung

Kompetisi yang berlangsung sejak akhir Oktober 2019 tersebut, para peserta ditantang untuk membuat film pendek berdurasi 3-5 menit, temanya menunjukkan kepedulian pesan kepedulian akan perilaku taat berkendara di jalan raya.

Tema besar yang diangkat adalah Alon-Alon Waton Move On atau yang bisa diartikan selalu waspada dalam berkendara. Dari tema ini, peserta ditantang untuk mengangkat kearifan lokal dari daerahnya masing-masing pada film pendek yang mereka buat.

Pemenang Kompetisi Film Pendek

Kompetisi yang telah memasuki tahun ketiga ini, terpilih pemenang pertama yaitu Amirul Mujahid Habibulloh dan tim dari Dista FM IAIN Surakarta yang berjudul "Maaf", mengangkat kearifan lokal akan pentingnya menghormati petuah orang tua.

Posisi kedua dimenangkan oleh Alpin Alpriliansyah dan tim dari SMK Tri Mitra Karawang, mereka mengangkat kearifan lokal peranan sahabat dalam mengingatkan kebaikan dengan judul "Sadar".

Pemenang ketiga adalah Faris Adityo dan tim dari Universitas Diponegoro Semarang, berjudul "Aman Bikin Tampan" film pendek ini mengangkat kembali nilai positif humor klasik tentang nasehat dukun vs logika.

Wakil Ketua Yayasan AHM Ahmad Muhibbuddin menyampaikan apresiasinya atas kreativitas para peserta dalam menggali ide untuk videonya. Film pendek keselamatan berkendara ini dipercaya mampu berdampak besar karena disampaikan dengan cara berpikir dan sentuhan kekinian yang akrab dengan generasi muda.

Baca Juga: Cari SDM Unggul, AHM Uji Keterampilan Siswa Dan Guru Se-Tanah Air

"Kami berharap mereka tidak berhenti berkarya dan terus menginspirasi lebih banyak orang melalui karyanya, sehingga dapat terwujud generasi muda yang sadar pentingnya keselamatan berkendara," ujar Muhibbuddin.