POPULAR STORIES

Yayasan AHM Peringati Sumpah Pemuda Dengan Angklung

Yayasan AHM peringati Sumpah Pemuda dengan Angklung AHM Pasanggiri Angklung

KabarOto.com - Yayasan Astra Honda Motor turut memperingati Hari Sumpah Pemuda bersama Sekolah Satu Hati binaannya yang tersebar di DKI Jakarta, Kab. Bekasi, Kab. Karawang, dan Kab. Bandung Barat. Peringatan Hari Sumpah Pemuda ini dituangkan kegiatan Pasanggiri atau Perlombaan Angklung.

Lebih dari 600 pemuda mengikuti kegiatan ini, dan terasa kental dengan nuansa nasionalisme, karena sebelum memulai kegiatan perlombaan dengan bersama-sama mengucapkan Ikrar Sumpah Pemuda. Kegiatan ini berlangsung di SMK Mitra Industri MM2100 Cikarang, Bekasi.

yayasan AHM

Program ini telah dilakukan sejak tahun 2013 dan kini terhitung sudah 24 sekolah yang mengajarkan angklung pada Sekolah Satu Hati, pada setiap sekolah diberikan bantuan 1 set angklung. Guru-guru seni musiknya pun mendapat pelatihan cara bermain angklung tingkat dasar hingga lanjutan.

Pemilihan Budaya Angklung dalam kegiatan peringatan Sumpah Pemuda ini karena merupakan salah satu warisan budaya asli Indonesia yang sudah diakui UNESCO sejak 2010. Selain itu, filosofinya yang mengajarkan kebersamaan seperti ang dikatakan oleh Ahmad Muhibbuddin sebagai Wakil Ketua Yayasan AHM.

Baca Juga: Ini Cara Kerja Mesin Hybrid Honda PCX

“Salah satu bentuk cinta Tanah Air adalah menjaga keberagaman budaya negeri ini. Angklung kami pilih untuk kami lestarikan karena filosofinya yang mengajarkan kebersamaan. Harmoni orkestra angklung tidak akan muncul kalau tidak dimainkan dengan sinergi dan kekompakan. Semangat inilah yang kami harapkan dapat menginspirasi generasi muda di hari sumpah pemuda ini,” kata Ahmad Muhibbuddin.

Pada perlombaan ini menghadirkan juri-juri yang kompeten pada bidangnya seperti, tim Saung Angklung Udjo, seniman, dan pengamat musik yang kredibel.

Pada puncak peringatan Yayasan AHM memberikan beasiswa senilai total Rp 279.250.000 kepada total 240 siswa dari 28 sekolah binaan Sekolah Satu Hati dengan kriteria prestasi akademik, berasal dari keluarga pra sejahtera atau mengalami musibah pada 6 bulan terakhir dan aktif di sekolah.

Acara ini juga didukung beberapa perusahaan seperti PT Yutaka Manufacturing Indonesia, PT Masashi Auto Part Indonesia, PT Showa Indonesia Manufacturing, dan PT Suryaraya Rubberindo Industries.

Baca Juga: Honda Civic Estilo SR3 Ini Hasil Cangkokan S2000 Dan Integra Type R!

beasiswa AHM