POPULAR STORIES

Honda Kampanyekan Keselamatan Berkendara Lewat Kompetisi Film Pendek Tema Kearifan Lokal

Honda Kampanyekan Keselamatan Berkendara Lewat Kompetisi Film Pendek Tema Kearifan Lokal Kompetisi film pendek keselamatan berkendara, Solo, Jawa Tengah (Foto: AHM)

KabarOto.com - Yayasan Astra Honda Motor (YAHM) bersama Astra Motor Jawa Tengah kembali melakukan sosialisasi terkait keselamatan berkendara. Kali ini melalui Kompetisi Film Pendek Keselamatan Berkendara. Kompetisi dibuat sebagai upaya menambah serta membangun kesadaran aman berkendara untuk generasi muda.

Sebanyak 250 generasi muda di Solo, Jawa Tengah diberi bekal oleh YAHM. Berlokasi di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta, pembekalan diselenggarakan pada Kamis (24/10). Peserta yang dapat mengikuti kompetisi ini yaitu siswa tingkat SLTA dan perguruan tinggi.

Baca Juga: Daihatsu Dan GT Radial Adakan Coaching Clinic Keselamatan Berkendara Di BSD

Para peserta ditantang untuk membuat film pendek berdurasi 3-5 menit, dengan mengangkat pesan kepedulian perilaku taat berkendara di jalan raya. Cukup unik, YAHM mengangkat tema besar dikombinasikan dengan kearifan lokal.

Tema yang diangkat yaitu, Alon-Alon Waton Move On atau yang bisa diartikan biar pelan asal selamat atau selalu waspada dalam berkendara. Melalui tema ini para peserta juga diharuskan untuk melibatkan kearifan lokal pada film yang mereka buat.

Film pendek yang sudah di produksi harus diunggah di kanal YouTube dan IGTV masing-masing peserta. Sementara pengumuman pemenang akan disampaikan di IAIN Surakarta pada 28 November mendatang.

Baca Juga: Ini Simbol Stiker Berkendara Di Jepang

Kompetisi film pendek terkait keselamatan berkendara ini dipercaya akan memberikan dampak besar, karena penyampaiannya menggunakan bahasa, cara berpikir serta video kekinian yang menjadi ciri khas generasi muda. Ditambah kearifan lokal memiliki nilai menarik untuk diteladani.

"Kami mengangkat tema Alon Alon Waton Move on untuk menggali kearifan lokal dari berbagai daerah dan menggunakannya dalam menyebarkan virus keselamatan berkendara," ujar Wakil Ketua YAHM Ahmad Muhibbuddin.

Serunya, para peserta juga mendapat kesempatan untuk memahami lebih dalam secara teoritis maupun praktek tentang keselamatan berkendara. Salah satunya penjelasan mengenai bagaimana mengendarai sepeda motor yang aman dan nyaman.

Baca Juga: Kurangi Kecelakaan, Gojek Gandeng Korlantas Polri Gelar Pelatiihan Berkendara

Tidak hanya itu, mereka juga diberi kesempatan untuk praktik langsung dengan riding gir lengkap untuk mengendarai sepeda motor. Peserta juga bisa mencoba alat simulasi Honda Riding Trainer (HRT), disini mereka bisa merasakan sensasi berkendara dengan berbagai jenis kendaraan serta kondisi jalan.