POPULAR STORIES

Honda Klaim Siap Produksi Mobil Otonom Level 3 Secara Massal

Honda Klaim Siap Produksi Mobil Otonom Level 3 Secara Massal

KabarOto.com – Persaingan yang sangat ketat membuat pabrikan mobil terus bekerja keras untuk menghasilkan produk berkualitas. Bukan hanya untuk saat ini, tapi juga untuk masa depan.

Buktinya, Honda Motor Company telah mengklaim bahwa mereka adalah produsen mobil pertama di dunia yang akan memproduksi secara massal kendaraan otonom level 3.

Dalam keterangan resminya, “Honda berencana meluncurkan Honda Legend (sedan mewah) yang dilengkapi fitur mengemudi otomatis yang baru disetujui sebelum akhir Maret 2021.”

Baca Juga : Ini Alasan Mazda 3 Jadi Model 100th Anniversary Edition

Bukan hanya pabrikan otomotif, Google Alphabet Inc yang merupakan perusahaan teknologi rela menginvestasikan miliaran dolar di bidang yang diharapkan meningkatan penjualan kendaraan roda empat.

Pemerintah Jepang sendiri sudah terlebih dahulu memberikan sertifikasi keselamatan kepada teknologi mengemudi “Traffic Jam Pilot” otonom Honda. Dalam praktek kerjanya, teknologi ini memungkinkan pengemudi untuk mengalihkan pandangan dari jalan.

Baca Juga : Kok All New Yamaha Aerox 155 Belum Gunakan Rem Cakram Belakang?

“Mobil self-driving diharapkan punya peran besar dalam membantu mengurangi kecelakaan lalu lintas, menyediakan transportasi bagi para lansia, dan meningkatkan logistik,” ucap Kementerian Tanah, Infrastruktur, Transportasi, dan Pariwisata Jepang.

Dalam pengembangan mobil otonom, ada skala peningkatan dari 0 hingga 5, mulai dari mobil manual yang memiliki fungsi seperti cruise control hingga kendaraan yang sepenuhnya dapat mengemudi sendiri.

Hingga saat ini, mobil otonom level 2 yang sudah ada di jalan umum dapat mengontrol kecepatan dan kemudinya sendiri. Namun, masih harus ada pengemudi yang waspada untuk mengambil kendali saat sesuatu hal buruk terjadi.