POPULAR STORIES

Honda Legend Bersistem Otonom Level 3 Dipasarkan Secara Terbatas

Honda Legend Bersistem Otonom Level 3 Dipasarkan Secara Terbatas

KabarOto.com – Honda Legend yang merupakan mobil otonom Level 3 secara resmi diperkenalkan dan dijual secara terbatas di Jepang.

Mobil otonom pada Level 3 ini fungsi sudah dilengkapi dengan teknologi yang mampu mendeteksi lingkungan sekitar. Selain itu kendaraan bisa memberikan informasi untuk memperlambat laju, akan tetapi masih membutuhkan pengemudi di belakang lingkar kemudi. Agar jika terjadi sesuatu pengemudi bisa mengambil alih.

Baca Juga : Toyota Kembangkan Piranti Lunak Mobil Otonom

Kabarnya, Honda menjadi pabrikan pertama yang mendapatkan sertifikat untuk memproduksi mobil otonom Level 3. Selain itu, 100 unit Honda Legend sudah dipasarkan di Jepang dengan banderol 11 juta yen atau setara Rp1,4 miliar.

Menurut Yoichi Sugimoto, Chief Engineer Honda mengatakan, “Honda Legend memiliki teknologi baru yang diklaim mampu memberikan tanda menghindari kecelakaan secara langsung pada kelalaian pengendara atau pejalan kaki.”

Selain itu, Honda Legend dibekali teknologi Traffic Jam Pilot yang mampu mengatur akselerasi, pengereman secara mendadak dan lingkar kemudi ketika hilang kendali. Sistem navigasi juga tersedia, sehingga pengendara bisa membantu dalam hal rute perjalanan.

Saat pengemudi kehilangan kontrol, secara otomatis sabuk pengaman akan merespon dengan getaran yang bisa menyadarkan pengemudi. Jika cara tersebut tidak berhasil, maka secara otomatis mobil akan berhenti perlahan dengan hazard yang diaktifkan.

Baca Juga : Ambisi Elon Musk Hadirkan Mobil Otonom Penuh Tahun 2021

Adapun untuk mesin Legend andalkan V6 berkapasitas 3.471 cc. Dipadu dengan Sport Hybrid SH-AWD, yang membuatnya total memiliki tenaga 377 dk dan torsi 463 Nm. Adapun untuk mesinnya saja mengerahkan 310 dk pada 6.500 rpm dan torsinya 371 Nm pada 4.000 rpm.

Perihal dimensinya memiliki panjang 5.030 mm, lebar 1.890 mm dan tinggi 1.480 mm. Jarak sumburodanya 2.850 mm. Ground clearance 145 mm, sedangkan diameter roda gunakan profil 245/40R19.