POPULAR STORIES

Honda Tunjuk Kalex Untuk Membuat Sasis Motor 2023

Honda Tunjuk Kalex untuk Membuat Sasis Motor 2023 Marc Marquez di tes pramusim Portimao 2023 (foto : MotoGP)

KabarOto.com – Honda dikabarkan akan menggunakan sasis dan lengan ayun rancangan Kalex untuk RC213V 2023 agar bisa tampil lebih kompetitif.

Sebelumnya, lengan ayun buatan Kalex telah digunakan Marc Marquez pada akhir musim lalu. Kalex yang selalu membuat sasis untuk kelas Moto2 ini dipercayai Honda untuk mencoba merancang sejak tes Misano musim lalu.

Usai menjalani operasi, Marquez langsung menjajal dan menyukai lengan ayun Kalex. Bahkan, dia menggunakannya di GP Australia 2022 dan meraih podium. Alhasil, lengan ayun hasil garapan Kalex ini menjadi bagian paket motor Honda selama sesi tes pramusim 2023.

Baca Juga : Begini Reaksi Fabio Quartararo Usai Jajal Perangkat Baru Di Tes Pramusim MotoGP Portimao 2023

Melihat hasil tersebut, ada kabar terbaru yang cukup mengejutkan yaitu Honda meminta Kalex untuk menggarap keseluruhan sasis untuk motor tunggangan Marquez. Ada kemungkinan, sasis buatan pabrikan asal Jerman itu akan digunakan pada tes MotoGP di Jerez pada awal Mei 2023 mendatang.

Honda RC213V menggunakan lengan ayun Kalex

Dengan menggunakan sasis Kalex nantinya diharapkan bisa membuat Honda bangkit dari keterpurukannya. Karena sebelumnya pabrikan berlogo sayap tunggal itu tengah kesulitan di MotoGP. Selain kondisi Marc Marquez yang sempat cedera dan absen cukup lama membuat pengembangan RC213V terhambat.

Baca Juga : Ini Beberapa Perubahan Regulasi Menjelang MotoGP 2023

Pada sesi tes pramusim Sepang pada Febuari lalu, Honda membawa empat mesin yang berbeda. Namun, dia merasa tidak ada perubahan yang signifikan. Begitu pula pada tes Portimao 2023 juga tidak ada perkembangan, Marquez hanya mampu finis di urutan ke-14 saja.

Selain membuat sasis dari Kalex, Honda juga merekrut mantan manajer teknis Suzuki, Ken Kawauchi. Dengan kehadiran Kawauchi, Honda berharap bisa membuat RC213V kembali bersaing.