POPULAR STORIES

Ini Beberapa Perubahan Regulasi Menjelang MotoGP 2023

Ini Beberapa Perubahan Regulasi Menjelang MotoGP 2023 Foto : MotoGP

KabarOto.com – Pihak penyelenggara MotoGP, Dorna Sports baru-baru ini mengumumkan beberapa perubahan regulasi untuk musim 2023.

Gelaran MotoGP 2023 tinggal menghitung hari. Para pembalap melakoni tes pramusim di Portimao akhir pekan ini, sebelum kembali berkompetisi di trek pada 26 Maret mendatang.

Menjelang MotoGP 2023, pihak Dorna yang telah menggelar rapat bersama Carmelo Ezpeleta (Dorna), Paul Duparc (FIM), Herve Poncharal (IRTA), dan Biense Bierma (MSMA), telah memutuskan serangkaian peraturan baru.

Baca juga: Helm Alpinestars Supertech R10 Debut Di Tes Pramusim MotoGP 2023

Seorang Pembalap Hanya Bisa Memiliki Satu Kewarganegaraan

Seorang pembalap hanya boleh memiliki satu kewarganegaraan

Pembalap dari tiga kategori (MotoGP, Moto2, Moto3) kejuaraan dunia hanya akan mewakili satu negara, di mana mereka akan menambahkan kemenangan, podium, posisi terdepan, dan pencapaian lainnya. Mereka yang memiliki beberapa kewarganegaraan harus memilih negara yang ingin mereka wakili “di awak karier olahraga mereka”. Peraturan ini hanya dapat dibuat berdasarkan permintaan kepada pihak FIM dan sebelum dimulainya musim.

Artinya, jika seorang pembalap kehilangan atau mengubah kewarganegaraan mereka atau karena alasan Force Majeure. Mereka dapat meminta perubahan kewarganegaraan olahraga mereka dari FIM, dengan syarat sebelum memulai awal musim.

Hasil Kualifikasi MotoGP 2023 Jika Sesi Tidak Selesai

Pada musim 2022, beberapa kali sebuah sesi harus diinterupsi dengan bendera merah karena cuaca dan tidak mungkin untuk melanjutkannya.

Untuk kasus-kasus seperti ini, FIM telah menetapkan jika mencapai atau melebihi 50 persen dari waktu yang dijadwalkan untuk sesi kualifikasi, maka balapan akan dianggap sah dan hasilnya dianggap final. Jika mereka tidak mencapai klasifikasi, hasilnya akan diperoleh dari table gabungan latihan bebas (P1 dan P2 di MotoGP dan P1, P2 dan P3 di Moto2 dan Moto3).

Baca juga: Aprilia Luncurkan Livery Terbaru Untuk Menghadapi MotoGP 2023

Peningkatan Putaran Mesin Moto2 2023

Khusus untuk kelas Moto2, pihak Dorna, Triumph dan Externpro sepakat untuk memperbarui spesifikasi mesin. Untuk musim 2023, semua unit motor kelas Moto2 memiliki batas putaran mesin lebih tinggi dari 14.000 rpm menjadi 14.400 rpm.

Putaran mesin Moto2 2023 lebih tinggi