POPULAR STORIES

Honda Kembangkan Rangka Baru Dan Mematenkannya

Honda Kembangkan Rangka Baru dan Mematenkannya Sumber Foto : cycleworld

KabarOto.com – Honda baru-baru ini mematenkan dua rangka baru untuk line-up naked bike. Frame anyar ini kabarnya untuk menggendong mesin twin-paralel 1.084 cc milik Africa Twin.

Dalam desain ini memperlihatkan mesin segaris dua silinder, namun dengan sasis yang sedikit berbeda dengan tipe tulang. Desain pertama dengan model teralis (trellis frame). Konstruksi ini menggabungkan material kuat dan ringan, seperti yang digunakan pada motor sport.

Baca Juga : Begini Kondisi Jalan Raya Setelah Covid-19 Teror Ibu Kota

Bahan bagian frame utama menggunakan logam baja dan sub-frame menggunakan aluminium. Bagian rangka belakang terdapat pivot swingarm dan menyediakan titik pemasangan untuk tempat duduk, side-stand dan foot step. Model sasis ini bisa ditemukan dari pabrikan motor asal Italia yaitu MV Agusta dan Ducati.

Downtube depan berfungsi sebagai dudukan mesin. Struktural mesin twin silinder secara efektif menyediakan hubungan antara poros lengan ayun dengan steering head. Jadi desain ini dimaksudkan untuk memaksimalkan kekakuan dan mengurangi bobot.

Desain pertama

Penggunaan frame teralis ini mencirikan motor naked. Seperti setang lebih pendek dibanding Africa Twin, namun tetap bergaya naked bike. Sumbu roda dan suspensi depan juga tidak sepanjang motor dual purpose. Jadi posisi frame lebih rendah, bentuk kursi pengemudi dan penumpang lebih sporty.

Namun, frame model teralis dari Honda memunculkan banyak spekulasi. Beberapa media lokal Jepang menganggap, ini merupakan generasi terbaru dari motor jenis neo retro, seperti CB1000R dan CB1100RS. Tapi kemungkinannya sangat kecil, karena keduanya menggunakan mesin segaris 4 silinder.

Baca Juga : Terkait Virus Corona, Hyundai Elantra 2021 Dan Hybrid Resmi Meluncur Lewat Video

Kemudian desain kedua yang menganut tipe double cradle. Dirancang dengan dua bak terpisah yang menopang mesin, namun tulang belakang tetap tunggal.

Rangka jenis ini diyakini lebih kaku, kuat dan ringan. Menurut deskripsi paten Honda, model teralis menargetkan kekakuan sementara opsi cradle menawarkan keseimbangan antara kelenturan dan kekuatan.

Namun, keduanya punya tujuan untuk meningkatkan kemampuan kemudi.

Desain kedua

Sampai sekarang, belum ada informasi kapan Honda bakal merilis sasis baru ini. Satu hal yang pasti, mesin Africa Twin baru yang bakal menjadi basisnya.

Tapi ditujukan untuk motor yang berorientasi pada jalan raya. Jika melihat dari pemilihan mesin, sepertinya motor ini mengutamakan torsi dan handling. Dan sepertinya Honda akan memberikan kejutan dengan segmen baru dengan mesin segaris dua silinder dengan tampang naked bike.

Baca Juga : Lewat Wanda, Maksimalkan Jualan Honda di Jakarta dan Tangerang

Selain Africa Twin, di luar sana ada produk Honda lain yang mengusung twin-cylinder seperti CB500 dan NC750. Kedua motor tersebut terdapat opsi model naked dan advanture.

Bicara soal mesin, Africa Twin mengusung paralel twin-cylinder 4-tak, SOHC berkapasitas 1.084 cc dengan pendingin cairan. Mampu menghasilkan tenaga 100 dk pada 7.500 rpm dan torsi 105 Nm pada 6.000 rpm.

Selain mesin baru, motor ini dilengkapi beberapa fitur canggih seperti, sensor inertial Measurement Unit (IMU). Berfungsi sebagai pendeteksi posisi motor dalam 6 poros dan dapat terhubung pada fitur lain semacam ECU dan ABS. Sehingga motor dapat menyesuaikan kondisi medan yang dilalui.

Kita tunggu akan seperti apa motor Honda terbaru selanjutnya.