POPULAR STORIES

Honda Prospect Motor Pelajari Kebutuhan Tentang Mobil SUV

Honda Prospect Motor Pelajari Kebutuhan Tentang Mobil SUV Foto: Honda Prospect Motor

KabarOto.com - Sampai dengan tahun 2020, Honda Prospect Motor menilai MPV dan LCGC selalu menjadi segmen dengan penjualan terbesar, namun trennya cenderung stagnan.

Pihaknya mengatakan, pada tahun 2020 pasar di segmen LCGC juga mengalami penurunan karena terdampak oleh penjualan Honda Brio Satya yang terkendala oleh pasokan komponen.

"Sementara itu, trend penjualan SUV terus meningkat bahkan pada tahun 2021 telah melampaui penjualan MPV dan juga LCGC. Kontribusi penjualan SUV di pasar otomotif juga terus meningkat, sementara pasar MPV dan LCGC cenderung stagnan. Bahkan pada tahun 2021, segmen SUV telah menjadi segmen dengan penjualan terbesar di Indonesia," ungkap Ferdianto Budiono, Product Strategy Manager PT Honda Prospect Motor (HPM) di sela-sela acara Test Drive Honda HR-V di Bali kepada media (25/05).

Pertumbuhan segmen SUV di Indonesia salah satunya dipicu oleh pemerataan ekonomi dan pembangunan infrastruktur ke berbagai wilayah di Indonesia. Pembangunan jalan tol dan jalan utama, perkembangan UMKM dan industri lokal di berbagai daerah, hingga rencana pemindahan Ibukota Negara Republik Indonesia, mendorong terciptanya pasar otomotif baru dimana konsumen menginginkan mobil yang lebih sesuai dengan kondisi sekitar serta kebutuhan mereka.

Baca juga: Honda Perkenalkan Brio Baru Sebagai Mobil COC Di Ajang Balap ISSOM 2022

Sesuai dengan karakter dan kebutuhan masyarakat Indonesia, konsumen otomotif di Indonesia memiliki kebutuhan dasar akan sebuah mobil yaitu antara lain dapat menampung banyak orang, memuat banyak barang, tangguh dan harganya terjangkau dan nyaman untuk dikendarai di berbagai kondisi jalan.

Seiring semakin berkembangnya kebutuhan konsumen, terutama di berbagai wilayah yang berbeda-beda di seluruh Indonesia, semakin banyak konsumen yang memilih SUV karena dianggap menawarkan berbagai kelebihan, seperti ground clearance yang lebih tinggi, mesin yang lebih bertenaga, kabin yang lebih nyaman, teknologi keamanan yang lebih canggih.

Baca juga: Pembalap Muda Honda Siap Harumkan Indonesia Di FIM JuniorGP

Honda sendiri juga melakukan riset untuk dapat menangkap apa yang diinginkan konsumen dari sebuah SUV, selain faktor-faktor yang menjadi basic sebuah SUV seperti fun to drive, teknologi, aktualisasi diri dan fungsi transportasi, Honda juga menangkap keinginan dari konsumen akan sebuah model SUV yang unik, sesuai dengan karakter mereka yang berbeda-beda. Karena itu, Honda menciptakan Karakter SUV yang berbeda untuk Segmen yang Berbeda.

Pasar SUV mempunyai potensi besar untuk terus berkembang ke depannya, dengan semakin banyak model SUV yang diperkenalkan di berbagai rentang harga. "Pada akhirnya, hasil studi dari mobil konsep ini bertujuan agar Honda dapat terus menghadirkan produk yang melebihi ekspektasi dan kebutuhan dari setiap konsumen," tutup Ferdianto Budiono.