POPULAR STORIES

Honda Sustaina-C Concept Mewujudkan Ego Dan Eco

Honda Sustaina-C Concept Mewujudkan Ego dan Eco Foto: Honda

KabarOto.com - Pertama kali tampil di Japan Mobility Show 2024, Honda Sustaina-C Concept mengeksplorasi bagaimana masyarakat dapat terbebas dari kendala sumber daya yang terbatas. Mobil konsep ini didasarkan pada konsep Ego (apa yang ingin Anda lakukan) dan Eco (ramah lingkungan) pada saat yang bersamaan.

Saat ajang pameran otomotif terbesar kemarin, mobil listrik Honda Sustaina-C Concept disandingkan dengan Pocket Concept, sepeda motor kompak yang dapat disimpan di kompartemen bagasi dan memberikan mobilitas jarak jauh.

Panel bodi kendaraan diproduksi menggunakan resin akrilik daur ulang yang bersumber dari lampu belakang bekas untuk membuat panel eksterior yang tidak memerlukan pengecatan

Baca Juga: Toyota Crown Versi Atap Terbuka, Masih Sebatas Mobil Konsep

Pendekatan material ini dapat mengurangi emisi selama produksi hingga 45 persen, sebagian melalui bahan daur ulang yang digunakan, namun juga dengan membiarkan panel tidak dicat, yang dapat menyumbang sebanyak 80 persen emisi CO2 dari pabrik mobil.

Selain tampilannya yang menarik, panel kendaraan tidak hanya tahan retak dan dapat kembali ke bentuk aslinya setelah benturan ringan, namun juga menawarkan ketahanan cuaca tingkat tinggi dengan degradasi minimal akibat sinar matahari.

Di bagian belakang, transparansi resin akrilik yang sangat baik memungkinkan pintu belakang Honda Sustaina-C Concept dibentuk dari satu panel yang berfungsi seperti layar ponsel pintar. Layar mini-LED telah dirancang untuk berkomunikasi dengan pengguna jalan lain melalui teks atau gambar sederhana, sehingga menawarkan potensi dimensi baru untuk desain eksterior kendaraan masa depan.

Baca Juga: Mazda Spirit Racing Hadirkan Dua Mobil Konsep

Terakhir, resin akrilik yang digunakan menunjukkan kemungkinan pendekatan terhadap sirkulasi sumber daya di masa depan. Dikembangkan melalui kemitraan dengan Mitsubishi Chemical, mengembangkan bahan daur ulang yang sudah dicetak menjadi panel yang diperlukan untuk Honda Sustaina-C Concept.

Ini adalah salah satu cara Honda mengurangi ekstraksi sumber daya dan bagian dari eksplorasinya menuju teknologi daur ulang canggih yang lebih hemat energi, rendah karbon, dan hemat biaya serta penciptaan rantai nilai melingkar antar kendaraan.

Untuk jantung mekanisnya, Sustaina-C kemungkinan dipasangkan dengan baterai 35,5kWh milik Honda e.