Honda Ungkap Alasan Ubah Desain "Bokong" All New Brio

Honda Ungkap Alasan Ubah Desain "Bokong" All New Brio All New Honda Brio

KabarOto.com - Ubahan paling mencolok pada generasi kedua Honda Brio terdapat pada sisi eksteriornya, di mana mobil yang bermain di segmen city car dan low cost green car (LCGC) ini kini memiliki desain baru serta dimensi yang kini lebih panjang. Disamping tampilannya memang sangat berubah mulai dari bagian depan, belakang, hingga buritan.

Jika dibandingkan dengan generasi pertama, Brio terbaru terlihat memiliki tampilan yang lebih besar berkat penambahan jarak antar sumbu roda sepanjang 60mm. Perubahan pada jarak sumbu roda tersebut tentunya mempengaruhi dimensi All New Honda Brio yakni sekarang memiliki panjang 3.815mm, lebar 1.680mm, dan tinggi 1.485 mm.

Baca juga: Honda Ibaratkan All New Brio Seperti Produk BMW? Ini Alasannya..

Untuk menunjang kebutuhan konsumen, Honda pun turut memperluas ruang bagasi menjadi lebih panjang 90mm. Selain memiliki bagasi yang lebih luas, ternyata perubahan pada bagasi tersebut diklaim mampu meningkatkan keselamatan penumpang belakang, berkat penggunaan bentuk kaca baru.

Menurut Tsutomu Harano, Large Project Leader Honda R&D Asia Pasific Ltd, perubahan pada desain belakang pada Brio terbaru untuk dapat mengurangi potensi efek cedera berat pada penumpang kursi belakang.

"Tujuan mengubah desain belakang adalah untuk mengurangi efek cedera berat pada penumpang kursi baris kedua saat terjadi tumbukan keras dari belakang. Namun bukan berarti desain pintu belakang sebelumnya tidak aman bagi penumpamg belakang Brio. Tapi ubahan itu dilakukan berdasarkan permintaan konsumen, setelah kami melakukan survei di sejumlah kota besar di Indonesia," ungkapnya saat berbincang dengan KabarOto di Bali, Kamis (18/10/2018).

Baca juga: Rahasia Menarik Seputar All New Honda Brio Yang Perlu Diketahui

Harano pun menuturkan, "Jadi memang untuk panel kaca Brio sebelumnya sudah dites untuk batas yang aman. Tapi ada pendapat dari kami, kalau takut jika ada tabrakan dari belakang bila pakai panel kaca seperti itu, tapi itu mungkin hanya pendapat kami saja dan belum terjadi," tambahnya.

Tidak hanya sebatas meningkatkan keselamatan bagi penumpang, namun ubahan pada desain pintu belakang juga mampu menciptakan ruang lebih besar. Terbukti, usai 'utak-atik' dilakukan volume bagasi Brio bertambah 84 liter. "Ya tujuan kami agar Brio semakin disukai orang dan sekarang bagasi juga menjadi lebih luas," pungkas Harano.