POPULAR STORIES

Honda WR-V Raih Tingkat Keselamatan Tertinggi ASEAN NCAP

Honda WR-V Raih Tingkat Keselamatan Tertinggi ASEAN NCAP Honda WR-V (Foto: Kabaroto/Honda)

KabarOto.com - Honda WR-V berhasil meraih predikat tingkat keselamatan tertinggi, dalam program ASEAN NCAP (New Car Assessment Program for Southeast Asia).

Dalam pengujian, Honda WR-V meraih skor 77.07 dari 100 (94.93/120 untuk total skor) dan melewati serangkaian tes uji tabrak dari bagian depan serta samping. Juga diuji fitur-fitur keselamatannya.

Selain itu, Honda WR-V berhasil meraih skor 27.41/32 untuk kategori Adult Occupant Protection (AOP), kemudian 42.79/51 untuk Child Occupant Protection (COP), skor 16.37/21 untuk Safety Assist Technologies (SATs) dan 8.36/16 untuk Motorcyclist Safety (MS).

Untuk melindungi pengemudi dan seluruh penumpang saat terjadi tabrakan, Honda WR-V menggunakan struktur bodi dengan teknologi G-CON + ACETM with Side Impact Beam, yang bekerja dengan membantu menyebarkan energi benturan, untuk melindungi area kabin mobil jika terjadi tabrakan.

Baca juga: Spoon Sports Rilis Paket Upgrade Honda Civic Type R FL5

Pengujian ASEAN NCAP pada Honda WR-V

Honda WR-V juga dilengkapi 6 airbags, yang melindungi pengemudi dan penumpang di bagian depan, samping serta bagian pilar.

Sebagai fitur keselamatan untuk anak-anak terdapat ISOFIX & Tether pada kursi baris kedua, yang dirancang untuk bisa mengikat Child Car Seat dengan erat.

Desain bodi Honda WR-V juga dirancang dengan Pedestrian Protection, meliputi impact-absorbing wiper pivot, impact-absorbing hood, collapsible hood hinges, leg-impact-absorbing construction, dan impact-absorbing fender.

Fitur keselamatan aktif untuk mencegah terjadinya tabrakan, Honda WR-V dilengkapi dengan teknologi Honda Sensing, di mana sistem ini menggunakan front wide view camera, letaknya ada di dalam kaca depan mobil.

Fungsinya, untuk memberikan kewaspadaan dalam kondisi berkendara terhadap keadaan di sekitar kendaraan, seperti mobil, sepeda motor hingga pejalan kaki. Selain itu, ada juga berbagai fitur keselamatan lainnya seperti, Honda LaneWatch, Multi-Angle Rearview Camera.

Baca juga: Honda Civic Generasi Pertama Mejeng Di Dreams Cafe Powered By Honda

Yusak Billy, Business Innovation and Sales Marketing Director PT Honda Prospect Motor mengatakan, pencapaian yang diraih Honda WR-V menunjukkan komitmen mereka terhadap keselamatan penggunanya. "Mewujudkan visi untuk menciptakan lingkungan yang lebih aman, bagi pengemudi, penumpang dan pengguna jalan lainnya," papar Billy, dalam keterangan resminya.

Pencapaian rating tertinggi untuk Honda WR-V sekaligus melengkapi model-model SUV Honda lainnya, yang sebelumnya juga telah mendapatkan predikat tingkat keselamatan tertinggi dari ASEAN NCAP, yaitu All New Honda HR-V dan All New Honda BR-V pada bulan September 2022 dan Honda CR-V pada tahun 2017.