Huayra R Hadir Sebagai Hypercar Paling Ekstrem Dari Pagani

Huayra R Hadir Sebagai Hypercar Paling Ekstrem dari Pagani

KabarOto.com - Pagani Huayra secara resmi memulai debutnya secara online dengan beberapa gambar dalam siaran pers pada 25 Januari 2011, dan memulai debut dunia secara resmi di Milan pada Februari 2011.

Diluncurkan di Geneva Motor Show 2009, Pagani Zonda R mengikuti pola yang mirip dengan Ferrari FXX dalam mengubah mobil jalan raya ultra-eksklusif menjadi supercar khusus lintasan. Sekarang lebih dari satu dekade kemudian, Pagani telah menerapkan formula yang mirip dengan Huayra-nya, tetapi pada tingkat yang lebih ekstrem.

Pagani Huayra menggunakan mesin V12 twin turbo berkapasitas 5.980 cc yang dikembangkan oleh Mercedes-AMG. Huayra dinobatkan sebagai "The Hypercar of the Year 2012" oleh Top Gear. Pada 11 Februari 2015 dilaporkan bahwa Pagani Huayra telah terjual habis. Huayra dibatasi hanya 100 unit sebagai bagian dari perjanjian Pagani dengan pemasok mesin Mercedes-AMG.

Baca juga: Pagani Rilis Huayra Roadster BC 2020 Terbaru

Huayra R menggunakan bodi berbahan karbon, dengan performa lintasan maksimum hingga 9.000 rpm dan bobotnya sekitar 1.050 kg. Namun, prestasi yang paling mengesankan adalah Huayra R menggendong mesin V12-R twin turbo berkapasitas 6.000 cc, menghasilkan output 850 dk dan torsi 750 Nm. Spesifikasi dasar ini saja sudah menobatkan hypercar terkuat dari Pagani.

Mesin hasil pengembangan dari Mercedes-AMG tersebut disandingkan dengan sasis dari HWA AG yang lebih ringan dari Huayra standar. Transmisinya menggunakan model sekuensial 6 percepatan juga dari HWA AG.

HWA AG merupakan sebuah perusahaan yang bermarkas di Affalterbach, Jerman. Perusahaan ini juga mengembangkan serta membangun kendaraan dan komponen untuk Mercedes-AMG. HWA AG bertanggung jawab untuk mengelola tim Mercedes-Benz di balapan Deutsche Tourenwagen Masters (DTM).

Baca juga: Bisa Dihitung Jari, Ini Pagani Huayra Tricolore

HWA AG menggunakan material karbon-titanium secara ekstensif, memastikan bahwa kekakuan fleksibel meningkat sebesar 51% dan juga menambahkan peningkatan kekakuan torsi sebesar 16%.

Suspensi menggunakan double wishbone aluminium tempa yang dipesan lebih dahulu, lengkap dengan pegas heliks dan peredam kejut adaptif yang dikontrol secara elektronik. Pagani mengatakan bahwa pengaturannya disesuaikan dengan ban Pirelli yang digunakan, tetapi telah dirancang agar dapat diakses oleh pengemudi dengan berbagai tingkat pengalaman berkendara di trek.

Pelek 19 inci APP Tech dari bahan alumunium tempa, dengan rem cakram karbon keramik Brembo CCM-R, depan 410 mm dan belakang 390 mm kaliper enam piston.

Di kabin, pedal yang dikembangkan AP Racing dapat disesuaikan akan membantu pengemudi menemukan posisi duduk sempurna, dengan kontrol traksi, pengaturan ABS dan komunikasi radio segera tersedia untuk pengemudi di lingkar kemudi. Kontrol sekunder seperti lampu dan peta mesin dapat ditemukan di konsol tengah, dengan tampilan dapat disesuaikan sepenuhnya yang memberikan informasi paling penting kepada pengemudi setiap saat.

Telemetri juga disertakan sebagai standar untuk memberikan semua informasi yang diperlukan kepada pengemudi dan kru pit untuk mengasah waktu putaran tersebut.

Huayra R hadir dari Pagani sebagai hypercar untuk lintasan sirkuit paling ekstrem saat ini, diklaim cukup mumpuni dan kencang.

Harga dasar Pagani Huayra R mulai dari sekitar $ 3,74 juta USD atau sekitar Rp 53,735 miliar. Produsen mobil tersebut menjanjikan bahwa hanya 30 dari supercar khusus trek ini yang akan tersedia, dengan masing-masing dibuat khusus sesuai keinginan pembeli.