POPULAR STORIES

Hujan Saat Berkendara Motor, Jangan Lupa 6 Hal Ini

Hujan Saat Berkendara Motor, Jangan Lupa 6 Hal Ini Tips berkendara saat hujan

KabarOto.com - Intensitas hujan yang meningkat selama sebulan terakhir perlu diwaspadai oleh para pengguna sepeda motor. Selain permukaan jalan yang lebih licin karena basah, hujan juga membuat jalan tergenang air.

Kondisi tersebut membuat cengkraman traksi ban ke permukaan aspal berkurang, sehingga kegiatan berkendara kurang optimal. Meski demikian, tak jarang pengguna sepeda motor tetap melanjutkan perjalanan di tengah guyuran air hujan.

“Berkendara saat hujan memang memiliki tantangan dan resiko yang lebih tinggi. Tidak hanya pengetahuan seputar skill dan persiapan berkendara, pemahaman akan fitur keselamatan juga harus diketahui oleh pengguna sepeda motor,” kata Antonius Widiantoro, Asst. General Manager Marketing Public Relation PT Yamaha Indonesia Motor Mfg (YIMM).

Baca juga: Berkendara Motor Matik Saat Hujan, Perhatikan 7 Hal Ini

1. Cek Kondisi Fisik & Tekanan Angin Ban

Kondisi ban yang tidak baik menjadi salah satu sumber penyebab kehilangan traksi, terutama saat melintas di permukaan jalan licin. Ketika karet ban sudah aus, maka daya cengkram ke aspal juga berkurang.

Ban yang sudah tidak layak pakai dan harus diganti biasanya memiliki ciri alur kembang menipis, tapak ban sejajar dengan Tread Wear Indicators (TWI) dan tidak nyaman saat dikendarai. Selain kondisi fisik, tekanan angin pada ban juga perlu cek secara rutin serta pastikan ukurannya sesuai dengan anjuran dari pabrik.

Bagi sepeda motor dengan tapak lebar tentunya memiliki kemampuan traksi yang lebih baik dan stabil ketika menghadapi permukaan jalan licin dan genangan air.

2. Menyalakan Lampu Saat Berkendara

Berkendara saat hujan membuat jarak pandang menjadi terbatas, terutama saat hujan turun dengan sangat deras. Oleh sebab itu, pastikan lampu motor dalam kondisi selalu menyala untuk memberikan tanda keberadaan pengendara.

3. Bawa Perlengkapan Hujan

Agar pakaian yang dikenakan tidak basah, pengendara disarankan untuk selalu membawa perlengkapan hujan yang dapat disimpan di bagasi motor, seperti jas hujan, sepatu karet dan rain cover untuk tas.

Baca juga: Naik Motor Listrik Saat Hujan, Perhatikan Hal Ini

4. Kenali & Pilih Rute Berkendara

Setelah motor dalam kondisi prima, pengendara harus memahami rute jalan yang dilewati. Jika memungkinkan, pilihlah jalan yang tidak berbahaya. Saat hujan turun, hindari rute yang berpotensi tergenang air atau banjir.

5. Berkendara Secara Hati-Hati & Tidak Memaksakan Diri

Saat hujan, pengendara disarankan untuk berkendara secara lebih hati-hati. Pertahankan kecepatan rendah, menjaga jarak dengan pengendara lain dan tidak melakukan rem secara mendadak. Hindari gaya berkendara agresif dengan banyak melakukan maneuver.

Jika intensitas hujan sangat deras, maka sebaiknya pengendara menepi terlebih dahulu di tempat aman dan tidak memaksakan diri untuk melanjutkan.

6. Manfaatkan Fitur Keselamatan Berkendara

Beberapa motor sudah dilengkapi dengan fitur keselamatan canggih, seperti Dual Channel ABS dan Traction Control System (TCS). Gunakan fitur tersebut saat berkendara.