POPULAR STORIES

Hyundai Hadirkan Robot Otonom Untuk Melayani Tamu Hotel

Hyundai Hadirkan Robot Otonom untuk Melayani Tamu Hotel Robot Otonom melayani tamu hotel (Foto: Hyundai)

KabarOto.com - Hyundai meluncurkan dua program layanan pengiriman percontohan yang menggunakan robot otonom di hotel dan kompleks perumahan komersial di pinggiran Seoul, Korea Selatan.

Robot pengiriman memiliki unit penyimpanan di atas platform modular PnD Hyundai yang dipamerkan ke dunia di CES 2022 pada bulan Januari. Unit roda tunggal ini memadukan kemudi cerdas, pengereman, penggerak elektrik dalam roda, dan perangkat keras suspensi. Ini juga menggabungkan LiDAR dan sensor kamera dan bergerak secara mandiri.

“Robot pengiriman berbasis PnD memungkinkan waktu pengiriman lebih cepat dengan keamanan yang lebih baik melalui penggunaan teknologi mengemudi otonom, termasuk kemampuan menghindari rintangan dengan cepat,” kata kepala Robotika LAB dari Hyundai Motor Group, Dong Jin Hyun.

Baca juga: Begini Proses Klaim Hyundai Replacement Guarantee

Robot Hyundai bisa mengirim barang

Rolling Hills Hotel menggunakan robot untuk layanan kamar mulai pukul 8 - 10 malam, setiap hari untuk mengantarkan fasilitas, makanan, dan minuman. Tamu yang menginap di hotel dapat melakukan pemesanan menggunakan aplikasi perpesanan Kakao Talk dan mengikuti perkembangan pengiriman menggunakan pelacakan waktu nyata.

Selain itu, robot ini memiliki kemampuan untuk menentukan jumlah orang yang menaiki lift dan dapat menunggu lift berikutnya jika lift pertama ramai. Ketika tiba di kamar, ia mengenali bukaan pintu dan membuka kompartemen penyimpanan setelah melihat tamu hotel.

Robot pengiriman otonom Hyundai juga telah diperkenalkan oleh perusahaan pengiriman Korea Woowa Brothers di kompleks perumahan dan komersial di Seoul. Ini beroperasi setelah pelanggan melakukan pemesanan online melalui Baemin dan kemudian menemukan barang tersebut di pusat perbelanjaan yang terhubung ke kompleks dan mengirimkannya ke pelanggan.

Baca juga: Hyundai Ioniq Electric Stop Jualan Di Indonesia, Pemilik Jangan Khawatir

Pabrikan mobil berencana untuk memperluas layanan robot pengiriman dan memperluas jumlah robot dan jam operasinya. Hyundai juga akan memperluas bisnisnya ke area komersial yang membutuhkan layanan pengiriman untuk terhubung dengan pelanggan.

Layanan pengiriman robot Hyundai adalah bagian dari strategi perusahaan yang lebih luas untuk berekspansi ke pasar yang berkembang pesat untuk teknologi otonom. Perusahaan telah melakukan investasi yang signifikan dalam pengembangan mobil self-driving dan jenis robot otonom lainnya dan melihat layanan pengiriman sebagai peluang untuk menguji dan menyempurnakan teknologinya di dunia nyata.