POPULAR STORIES

Hyundai Jadi Mobil Paling Aman

Hyundai Jadi Mobil Paling Aman Penghargaan IIHS 2018. (istimewa)

KabarOto.com - Insurance Institute for Highway Safety (IIHS) atau Institusi Asuransi Keselamatan Jalan Raya memperketat syarat untuk meraih menghargaan Top Safety Pick Plus. Tak hanya itu saja, daftar peraih penghargaan ini dipangkas menjadi 15.

Pada tahun 2012, IIHS memperkenalkan pengujian perlindungan penumpang yang tumpang tindih di belakang. Mereka menemukan bahwa beberapa struktur kendaraan hanya kuat di sektor pengemudi.

Baca Juga:

Sejak saat itu, IIHS meluncurkan serangkaian tes tumpang tindih penumpang untuk memverifikasi bahwa pabrikan mobil menerapkan perbaikan keamanan bagi penumpang dan pengemudi.

"Pengemudi memperkirakan bahwa penumpang mereka, yang sering keluarga, akan terlindungi sama baiknya dengan mereka," ujar Presiden IIHS Adrian Lund seperti dilansir LeftLaneNews, Senin (11/12/2017).

"Produsen telah menangani masalah ini dengan serius sejak pertama kali dijelaskan, dan kami yakin bahwa perlindungan tumpang tindih yang baik akan menjadi norma di sisi penumpang, seperti yang terjadi pada sisi pengemudi," dia menambahkan.

Hampir setengah penghargaan Top Safety Pick Plus (TSP+) diraih oleh Hyundai Motor Group, yang memayungi Kia dan Genesis. Adapun, Subaru berada di posisi kedua dengan empat model. Posisi ketiga ditempati Mercedes-Benz.

"Semua pembuat mobil sekarang menyadari peran penting keselamatan dalam pilihan konsumen, dan mereka semakin mudah menerima insinyur kami untuk memahami langkah selanjutnya dalam mencegah orang-orang dari bahaya kecelakaan kendaraan bermotor dan membuat perubahan nyata dalam desain kendaraan mereka," demikian Lanud.