Hyundai Kona Electric Bisa Tempuh 1.026 Km!

Hyundai Kona Electric Bisa tempuh 1.026 Km!

KabarOto.com - Pencapaian akan teknologi elektrifikasi terus digaungkan oleh Hyundai Motor. Pekan kemarin, (13/8), mengabarkan bahwa Hyundai Kona Electric telah mencapai batasan maksimal jarak tempuh hingga 1.026 km.

Tiga unit langsung diuji di sirkuit kawasan Jerman yakni EuroSpeedway Lausitz atau Lausitzring. Adapun sekali pengisian penuh baterai diuji kemampuan jelajahnya.

Baca juga: Hyundai Kenalkan Ioniq Electric dan Kona Electric ke Pemerintahan



Adapun ketiga mobil tersebut masing-masing memiliki hasil akhir 1.018,7 km, 1.024,1 km, dan 1.026 km. Kapasitas baterai adalah 64 kWh. Hasilnya mampu melampaui standar uji Worldwide Harmonised Light Vehicles Test Procedure (WLTP) setera dengan 14,7 kWh/100 km.

Mobil listrik Hyundai Kona yang diuji merupakan produksi terbaru yang dibawa langsung ke sirkuit. Adapun standar satu kali pengisian baterai, mampu menempuh 484 km sesuai data WLTP.



Agar pengujian berlangsung lancar dan mendapat pengawasan pihak kedua, Hyundai Motor menggandeng pengelola sirkuit Lausitzring sejak tahun 2017 yakni Dekra. Adapun Dekra memastikan melakukan monitoring dan mencatat setiap pengantian sebanyak 36 pengemudi.

Selama pengujian, beberapa hal yang menyedot baterai ditanggalkan kecual untuk menggerakkan motor listrik. Penyejuk kabin dimatikan meski cuaca di lintasan mencapai 29 derajat.



Sistem infotainmet juga dimatikan, sehingga senyap selama berkendara di sirkuit. Hanya daytime running light tetap dinyalakan, sesuai dengan prosedur keselamatan jalan raya dan ada kendaraan lain di lintasan.

Baca juga: Hyundai Kona Electric Berhasil Terjual Lebih 100.000 Unit di Seluruh Dunia

Ban yang digunakan untuk membantu mobil tetap efisien menyedot baterai adalah profil 215/55R17. Laju mobil dipertahankan 29-31 kpj. Memang terlihat pelan, tapi diyakini sesuai dengan kondisi saat melaju di kepadatan kota. Termasuk laju di komplek.

"Adanya pengetesan ini, Kona Electric menunjukkan potensinya sebagai kendaraan efisien dan ramah lingkungan bergaya SUV," ujar Jürgen Keller Managing Director of Hyundai Motor Deutschland GmbH.

"Hasil ini menunjukkan bahwa setiap kendaraan Kona Electric yang dimiliki konsumen memiliki teknologi terdepan dan cocok digunakan harian," jelas Michael Cole President and CEO of Hyundai Motor Europe.