POPULAR STORIES

Hyundai Optimistis Bisa Penuhi TKDN 60 Persen Tahun 2024

Hyundai Optimistis Bisa Penuhi TKDN 60 Persen Tahun 2024 Ilustrasi (PT HMID)

KabarOto.com - Presiden Hyundai Motor ASEAN HQ Youngtack Lee menegaskan bahwa pihaknya berharap bisa memenuhi tingkat komponen dalam negeri (TKDN) mobil listrik yang diproduksi di pabrik Cikarang, Jawa Barat hingga 60 persen pada 2024.

Baca Juga: Hyundai Mulai Pembangunan Pabrik Baterai Senilai Rp900 Miliar Di Karawang

Saat ini, TKDN yang telah ditetapkan pemerintah adalah 40 persen. Namun, ia menyebut, pemerintah akan menargetkan TKDN oleh pemerintah adalah di atas 60 persen.

"TKDN Hyundai bisa di atas 60 persen tahun depan. Karena peraturan di Indonesia sebenarnya sampai tahun 2024 harusnya memang 60 persen," ujar Youngtack Lee.

Hyundai juga berencana memproduksi lebih banyak tipe mobil listrik untuk mempercepat kebijakan Pemerintah Indonesia pada tahun 2024. Hal ini untuk mempercepat peralihan mobil konvensional ke kendaraan yang lebih hijau.

Hyundai Ioniq 5 dapat subsidi dari pemerintah (Foto: KabarOto)

Untuk diketahui, 50 persen produksi Hyundai di Indonesia telah diekspor ke 78 negara di seluruh dunia.

Pemerintah sendiri mendukung upaya PT HMMI yang saat ini bukan hanya berhasil memenuhi kebutuhan domestik di bidang otomotif, namun juga mengekspor produknya yang diproduksi di Indonesia ke negara-negara mitra.

Baca Juga: Hyundai Gandeng Kampus ITB Kembangkan Perintah Suara Di Mobilnya

Mendag Zulkifli Hasan juga mendorong PT HMMI untuk dapat meneruskan kinerja yang lebih baik, memberikan kontribusi terbaik dengan tetap mengutamakan kemitraan dengan wirausaha lokal (khususnya UMKM), mengoptimalkan nilai Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN), dan tentunya dengan dukungan dari pemerintah, baik pemerintah daerah maupun pemerintah pusat.

"Kiranya kita dapat terus bersinergi dan bekerja bersama untuk menciptakan industri yang sehat dan berdaya saing di pasar global," pungkas Zulkifli.