POPULAR STORIES

Hyundai Punya Teknologi Kabin Mobil Jadi Kedap Suara

Hyundai Punya Teknologi Kabin Mobil Jadi Kedap Suara Foto : Hyundai Motor Group

KabarOto.com – Hyundai Motor Group menjalin kerjasama dengan Samsung Harman International untuk mengembangkan RANC (Road-noise Active Noise Control).

Teknologi RANC ini merupakan sistem pada mobil yang mampu mengurangi suara bising dari jalanan yang masuk ke dalam kabin. Bukan hanya itu, teknologi ini diklaim mampu menghilangkan suara bising dari luar mobil.

Baca Juga : Meluncur Di Filipina, Toyota Rush Terbaru Minim Ubahan

Sistem pada teknologi RANC digunakan pertama kali di Hyundai GV80 dengan memasang velocity sensors, amplifiers, microphones, Digital Signal Processor (DSP), dan sistem audio bawaan.

Lalu, bagaimana cara kerjanya? Berkat adanya sensor yang terpasang pada suspensi dan sasis, sistem teknologi RANC mampu melakukan perhitungan tingkat getaran dari jalan, kemudian data tersebut dikirimkan ke DSP.

Baca Juga : Mau Beli Motor Baru? Kunjungi IIMS Motobike Hybrid Show Pekan Ini

Setelah data tersebut masuk, prosesor akan melakukan kalkulasi hingga menghasilkan gelombang anti-bising yang disalurkan ke seluruh bagian kabin melalui sistem audio dan menghilangkan suara bising dari luar.

Keterangan insinyur yang mengembangkan teknologi RANC mengatakan bahwa suara bising seperti mesin dan jalanan yang masuk ke dalam kabin mobil memerlukan waktu 0,009 detik. Sedangkan, gelombang anti-bising yang ini bisa masuk dalam waktu 0,002 detik.