POPULAR STORIES

Hyundai Santa Fe Generasi Baru Diperkenalkan Di Los Angeles Auto Show 2023

Hyundai Santa Fe Generasi Baru Diperkenalkan di Los Angeles Auto Show 2023 Foto: Hyundai

KabarOto.com - Hyundai telah meluncurkan generasi baru SUV Santa Fe di Los Angeles Auto Show 2023. Pihak Hyundai mengatakan bahwa SUV baru ini dikembangkan dengan konsep "Terbuka untuk Lebih Banyak", membuat ruangan kabin jadi lebih lega untuk keperluan utilitas.

Perubahan terbesar pada Santa Fe selain tampilan adalah sumbu roda yang lebih panjang, tempat duduk baris ketiga sebagai standar, dan penurunan mesin V6 menjadi mesin 4 silinder turbocharged.

Perubahan teknologi mencakup layar melengkung, pengisi daya nirkabel ganda, dan kompartemen sterilisasi UV-C. Hyundai berencana untuk meluncurkan Santa Fe 2024 baru di pasaran pada bulan Maret 2024, dan model hybrid segera menyusul setelahnya.

Baca juga: Intip Ganasnya Hyundai I20 Rally2 Milik Asal Hati Senang Racing Team (AHSRT)

“Santa Fe asli adalah SUV pertama kami di AS lebih dari dua dekade lalu,” kata José Muñoz, presiden dan CEO Hyundai Motor Amerika Utara.

Ia juga menambahkan bahwa mereka memiliki portofolio 14 model SUV yang diakui dan dihormati yang mencakup model mesin pembakaran internal, hybrid, plug-in hybrid, listrik, dan sel bahan bakar hidrogen. Dengan Santa Fe 2024, melanjutkan transformasi mengesankan mereka pada model SUV.

"Santa Fe terbaru kami akan menarik lebih banyak pelanggan dengan identitas desainnya yang berani dan khas, desain interior yang luas, dan kemampuan unik untuk memadukan gaya hidup pelanggan perkotaan dengan lingkungan alam luar," tambah José Muñoz.

Santa Fe baru memiliki tampilan yang lebih kotak dan kokoh. Garis tajam di sekitar lubang roda, berbentuk trapesium, menonjolkan spatbor dan bemper depan. Pintu belakang berbentuk persegi melengkapi tampilan SUV dengan menjanjikan lebih banyak ruang interior.

Baca juga: Intip Bocoran Hyundai Ioniq 7 Yang Bakal Meluncur Tahun 2024

Di dalam, panjang ekstra dan perluasan jarak sumbu roda SUV berarti lebih banyak ruang untuk kaki di baris kedua dan lebih banyak ruang untuk baris ketiga yang kini menjadi standar. Ruang kargo juga sedikit bertambah, tetapi sebagian besar ruang tambahan digunakan untuk tempat duduk baris kedua dan ketiga.

Trim atas Hyundai Santa Fe 2024 juga akan mendapatkan beberapa teknologi baru, termasuk bantalan pengisi daya nirkabel ganda dan layar melengkung lebih besar yang menggabungkan layar/pengukur informasi pengemudi dan layar infotainment.

Material ramah lingkungan digunakan di seluruh interior Santa Fe untuk permukaan lembut, seperti headliner, sandaran kursi, dan berbagai material penutup, seperti panel instrumen, trim pintu, dan jok. Penggunaan material ramah lingkungan juga meluas ke eksterior. Cat hitam glossy yang diaplikasikan pada panel trim eksterior menggunakan bahan karbon daur ulang. Di antara warna eksterior, Ecotronic Grey untuk pasar Amerika Utara menggunakan metode pelapisan arang bambu alami.

Santa Fe tersedia dalam empat warna interior, antara lain Obsidian Black, Supersonic Grey, Pecan Brown, dan Forest Green.

Baca juga: 148 Mobil Hyundai Jadi Transportasi Resmi FIFA World Cup Indonesia 2023

Santa Fe baru memiliki dua opsi mesin sebagai sumber tanaga. Mesin V6 yang tersedia pada generasi sebelumnya sudah tidak ada lagi, digantikan dengan mesin 4 silinder DOHC turbo berkapasitas 2.500 cc dari keluarga mesin Theta III. Mesin ini dipadukan dengan transmisi kopling ganda delapan kecepatan dan menghasilkan 277 tenaga kuda (203,7 kW).

Kemudian ada rencana untuk menghadirkan mesin hybrid, namun akan tersedia atau diperkenalkan setelah model baru ini diperkenalkan dan dipasarkan kepada publik umum.