Hyundai Tampilkan Sonata Terbaru Di New York International Auto Show

Hyundai Tampilkan Sonata Terbaru di New York International Auto Show All New Hyundai Sonata (ist)

KabarOto.com - Setelah beberapa waktu membuat penggemar otomotif di dunia penasaran, setelah gambar-gambarnya beredar di dunia maya. Produsen mobil asal Korea Selatan, Hyundai, akhirnya memperkenalkan All New Sonata 2020 di New York International Auto Show 2019.

Perkenalan dalam ajang yang berlangsung pada 19-18 April 2019 tersebut, juga sekaligus menandai kesuksesan Sonata sebagai model Hyundai yang paling populer di Amerika Utara. Bila dilihat, penampilan Sonata generasi ke delapan memang sangat berbeda dibanding pendahulunya.

Baca Juga: Canggih, Hyundai Sonata Baru Bakal Gunakan Kunci Digital

Kali ini Sonata menampilkan perwujudan dari filosofi desain Sensuous Sportiness Hyundai. "Sonata adalah produk andalan kami. Lebih dari itu, Sonata adalah warisan kami, dan itu harus menjadi istimewa dan mudah diingat dalam semua atribut," kata Mike O'Brien, wakil presiden produk, perencanaan perusahaan dan digital, Hyundai Motor America.

Menggunakan bahasa desain baru

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa sedan terbaru itu, merupakan langkah awal Hyundai dalam menghadapi masa depan. "Sonata menandakan visi kami untuk desain Hyundai di masa depan, dengan sistem keselamatan aktif yang hebat, dan teknologi canggih yang mudah dioperasikan," ujar Mike dalam keterangan resminya.

Sebenarnya, desain Sonata banyak terinspirasi konsep Le Fil Rouge empat pintu coupe, yang pernah diperlihatkan di Geneva Motor Show 2018. Tak mengherankan bila Sonata baru ini lebih sporty dibanding pendahulunya.

Bagian belakang nampak sporty

"Sonata generasi baru menawarkan siluet empat pintu yang cantik, sporty, dan inovatif. Kami yakin Sonata akan terbukti menjadi langkah sukses lain untuk bahasa desain baru kami, Sensuous Sportiness dan akan memberikan nilai emosional bagi pelanggan," kata SangYup Lee, wakil presiden senior dan kepala Pusat Desain Hyundai.

Untuk dapur pacu, Hyundai menyediakan dua pilihan mesin, yakni 2.5 GDI dan 1.6 T-GDI. Mesin yang pertama, sanggup menghasilkan tenaga hingga 191 dk pada putaran mesin 6.100 rpm dan torsi 181 Nm pada 4.000 rpm.

Baca Juga: Hyundai Palisade Dapat Penghargaan Di Red Dot Award

Sementara itu, mesin Smartstream 1.6 T-GDI mampu menghasilkan tenaga sebesar 180 dk pada 5.500 rpm dan torsi sebesar 195 Nm pada rentang putaran mesin 1.500-4.500 rpm. Kedua mesin tersebut menyalurkan tenaganya ke-roda melalui transmisi otomatis delapan percepatan.

Rencananya, mobil yang dilengkapi dengan berbagai fitur canggih, seperti Digital Key, Full Head Up Display, hingga Highway Driving Assist tersebut, akan mulai diproduksi pada September di Hyundai Motor Manufacturing Alabama dan penjualan ritel dimulai pada Oktober 2019.