IIMS Hybrid 2022 Dimeriahkan Dengan Kontes Modifikasi Motor Listrik

IIMS Hybrid 2022 Dimeriahkan dengan Kontes Modifikasi Motor Listrik Motor listrik Custom dinilai oleh juri dan peserta kontes (Bimo/Kabaroto)

KabarOto.com - Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022 31 Maret - 10 April 2022 di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, tak hanya memamerkan mobil dan motor baru konvensional, tapi juga hadirkan kontes modifikasi motor listrik bertajuk Indonesian Custom Electric & Moto Expo and Championship (ICEC).

Yuli Haryadi, Comitte ICEC mengatakan, kontes ini sebenarnya mulai diadakan 2 tahun lalu, tapi karena pandemi harus ditunda.

"Kelas utamanya adalah freestyle yang merupakan kerja sama antara IIMS dengan para builder,” jelas Yuli haryadi, Sabtu (02/04/2022).

Baca Juga: Volta 401, Motor Listrik Punya Gigi Mundur Dibanderol Rp14,9 Juta Di IIMS 2022

Di IIMS Hybrid 2022 ini mereka juga membuka kelas enthusias. Kelas ini diikuti oleh Komunitas Sepeda dan Motor Listrik (Kosmik). Kelas freestyle menantang para builder dari berbagai kota, untuk memodifikasi motor-motor listrik buatan APM, seperti Zero, Selis, Gesits, dan lainnya.

Jajaran motor listrik Custom di IIMS Hybrid 2022 (Foto: KO)

Sementara untuk kelas enthusias merupakan motor-motor listrik hasil konversi dari motor dengan mesin konvensional. Disediakan hadiah menarik berupa uang pembinaan dan trophy juara.

Yuli menjelaskan, ekosistem motor listrik di Indonesia mulai berkembang, dan ajang ICEC ini juga merupakan ajang untuk mengakomodir teman-teman di komunitas Kosmik.

“Kalau kita lihat dari industrinya, motor listrik sudah mulai berkembang di Indonesia, mulai dari APM bahkan banyak yang lakukan konversi dari motor konvensional ke listrik," terangnya. Mereka juga melihat saat ini banyak pengemudi online yang sudah menggunakan motor listrik.

Antusiasme terlihat, dengan ikut sertanya puluhan motor listrik custom yang dipajang di booth area luar hall. “Untuk motor yang ikutan ada proses Scrutnya, kita cek layak jalannya, harmonisasi, teknologi dan detailnya," terang dia lagi.

Baca Juga: Jadi Pusat Perhatian, Motor Listrik BL-SEV01 Tampil Di Sirkuit Mandalika

Motor yang tidak lolos scrut hanya sebagai display saja. Untuk penilaian, juri eketernal dan juga dari peserta. Di mana peserta diberikan formulir untuk memilih 3 motor terbaik, selain milik mereka sendiri. "Jadi penilaiannya dari peserta 40% dan juri internal 60%,” tambah pria yang disapa Belo.