POPULAR STORIES

Jadi Pusat Perhatian, Motor Listrik BL-SEV01 Tampil Di Sirkuit Mandalika

Jadi Pusat Perhatian, Motor Listrik BL-SEV01 Tampil di Sirkuit Mandalika motor listrik BL-SEV01

KabarOto.com - Universitas Budi Luhur melalui Pusat Studi Kendaraan Listrik (PSKL) memamerkan motor listrik BL-SEV01 di Kawasan Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat. Motor listrik ini, pernah digunakan touring Jakarta menuju Mandalika.

Dalam rangka meramaikan gelaran MotoGP di sirkuit tersebut, UBL diundang Kementerian Koperasi dan UKM, untuk berpartisipasi pameran UKM MotoGP Mandalika 18-20 Maret 2022. BL menempati G1 Gate A Kawasan Sirkuit Pertamina Grand Prix Mandalika.

Baca juga: Menteri Perhubungan Dukung Penuh Motor Listrik BL-SEV01 Buatan Mahasiswa

Kepala Pusat Studi Kendaraan Listrik Universitas Budi Luhur Sujono. ST. MT mengatakan, pihaknya bangga bisa menjadi bagian dari MotoGP. "Karya kami di bidang pengembangan kendaraan listrik bisa dikenal oleh ribuan pengunjung baik masyarakat domestik maupun mancanegara yang hadir di Mandalika,” terang Sujono.

Banyak hal positif yang mereka dapatkan, di antaranya pengembangan networking dari sesama penggiat UKM. “Review dan masukan dari pengunjung tentunya kami jadikan referensi dalam pengembangan produk kami dibidang kendaraan listrik khususnya sepeda motor listrik," terangnya.

Kepala Pusat Studi Kendaraan Listrik Universitas Budi Luhur Sujono di Mandalika (Foto: Dok BL)

Selain itu dengan adanya pameran di ajang Internasional ini menjadi penyemangat para mahasiswa dan dosen khususnya Teknik Elektro Universitas Budi Luhur untuk membuat karya yang lebih baik dan diterima oleh masyarakat.

Selain pengunjung pameran, motor listrik BL-SEV01 juga diapresiasi Teten Masduki selaku Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan menengah. “Universitas Budi Luhur satu-satunya kampus yang ikut dalam pameran bergengsi ini dan konsisten dalam pengembangan kendaraan listrik,” jelasnya Sujono.

Baca juga: Biaya Pengembangan Motor Listrik BL-SEV01

Ketua Badan Pengurus Harian (BPH) Yayasan Pendidikan Budi Luhur Cakti, Kasih Hanggoro, MBA menambahkan, ini kesempatan baik, karena motor listrik BL-SEV01 bisa dikenal oleh penonton MotoGP yang jumlahnya puluhan ribu.

Selain itu konsistensi Pusat Studi Kendaraan Motor Listrik Universitas Budi Luhur dalam membuat kendaraan listrik mulai dilihat oleh masyarakat dan pemerintah. "Mudah-mudahan kami bisa mempertahankan konsistensi membuat kendaraan listrik dengan kualitas terbaik dan keren,” jelas Kasih Hanggoro.

Sedikit informasi, BL-SEV01 didukung dengan motor listrik BLDC 96 Volt, tenaga yang dihasilkan mencapai 16 kW PEAK, didukung oleh baterai 48Ah dan controller 96 Volt 200 Ampere. Motor ini bisa melaju sampai 140 km untuk sekali isi baterai, dengan waktu pengisian mencapai 4 jam.