POPULAR STORIES

Menteri Perhubungan Dukung Penuh Motor Listrik BL-SEV01 Buatan Mahasiswa

Menteri Perhubungan Dukung Penuh Motor Listrik BL-SEV01 Buatan Mahasiswa Menteri Perhubungan menjajal Motor listrik buatan Universitas Budi Luhur

KabarOto.com - Motor listrik saat ini sedang dikembangkan oleh berbagai pihak, tak hanya pabrikan otomotif, institusi pendidikan juga melakukan riset membuat motor ramah lingkungan yang juga siap di produksi massal. Salah satunya adalah Universitas Budi Luhur, membuat motor listrik BL-SEV01.

Motor yang sudah diuji coba ke sirkuit Mandalika, NTB, didukung oleh Kementerian Perhubungan. Hal itu disampaikan langsung oleh Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi. Dia mengatakan, dukungan diberikan dengan memberikan tempat untuk menampilkan produk di Pekan Nasional Keselamatan Jalan 2021, yang berlangsung di Taman Lumbini, Kawasan Candi Borobudur, Magelang pada 06-07 November 2021.

Baca juga: Universitas Budi Luhur Tunggu Investor Minat Kendaraan Listrik

"Mendukung motor listrik karya mahasiswa dan produk nasional sampai tahap produksi," tegasnya. Pameran Pekan Nasional Keselamatan Jalan 2021 ini, menurut Budi sebagai bentuk dukungan untuk karya dan produk kendaraan listrik di Indonesia.

Universitas Budi Luhur yang hadir dalam acara tersebut, menjadi peserta yang membawa motor listrik dan telah melakukan uji jalan hingga ribuan kilometer. Tak hanya BL-SEV01, UBL juga membawa BL-CEV01 yang diperuntukan sebagai kendaraan komersial.

Kepala Pusat Studi Kendaraan Motor Listrik Universitas Budi Luhur, Sujono, mengatakan, undangan Pameran Pekan Nasional Keselamatan Jalan 2021 dimanfaatkan dengan membawa dua motor listrik BL-CEV01 dan BL-SEV01.

Event ini juga sebagai langkah untuk memperkenalkan karya mahasiswa Budi Luhur kepada masyarakat di Jawa Tengah. Dalam kesempatan ini, mereka juga memberikan pengetahun motor listrik kepada pengunjung yang telah teruji jalan jauh seperti motor listrik BL-SEV01 yang sukses touring Jakarta – Mandalika sejauh 1.340 km.

Sementara itu, Rektor Universitas Budi Luhur, Wendi Usino, mengaku, undangan yang diberikan ini tak lepas dari rampungnya touring Jakarta-Mandalika sebagai uji jalan motor listrik. Selain itu, mereka juga siap untuk mengembangkan kendaraan listrik lainnya melalui Pusat Studi Kendaraan Listrik yang berisikan para dosen dan mahasiswa Universitas Budi Luhur.

Baca juga: Budi Luhur Kembali Uji Motor Sport Listrik, Performa Lebih Meningkat

Target Universitas ini tahun depan merancang lagi produk baru yang berkaitan dengan kendaraan listrik. Apalagi menurut Wendi, Pemerintahan Provinsi DKI Jakarta akan menyelenggarakan balap Formula E, yang menjadi agenda penting bagi mereka untuk berperan aktif mendukung Jakarta agar bersih dari polusi.