Imbas Wabah Covid-19, Omset Pedagang Mobil Seken 'Terjun Bebas' 100 Persen

Imbas Wabah Covid-19, Omset Pedagang Mobil Seken 'Terjun Bebas' 100 Persen Foto: Kipli

KabarOto.com - Wabah virus Corona atau Covid-19 tak hanya berimbas kepada kesehatan masyarakat seluruh dunia, namun roda perekonomian pun turut terhambat. Berbicara dari sisi otomotif, banyak APM yang mulai mengatur ulang strategi menghadapi pandemi agar dapat mempertahankan perusahaannya, tak terkecuali pedagang mobil bekas atau mobil seken.

Kabaroto sempat bertanya kepada beberapa pedagang yang enggan disebutkan nama dan showroom atau gerainya di kawasan Tangerang. Rata-rata mereka menjawab situasi ini dengan prihatin. "Tepuk jidat bos, mengheningkan cipta, benar-benar sulit (jual-beli) masa sekarang ini," ujar salah satu pemilik gerai di kawasan Serpong kepada kami (18/4/2020).

Pria tersebut juga mengakui bahwa omset penjualan mobil seken turun drastis hingga 100%, bahkan hal tersebut juga berlaku untuk mobil-mobil yang lazimnya dicari oleh masyarakat umum seperti Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Daihatsu Ayla, Toyota Agya dan lainnya.

Baca Juga: 50 Motor Seken Di Bawah Rp 5 Juta, Nih Daftarnya!

"Sebenarnya bahkan saya sudah merasakan omset turun sejak pertengahan bulan Desember 2019 lalu, kondisi makin terpuruk ketika pertengahan bulan Maret 2020 awal Covid-19 masuk ke Indonesia," imbuhnya.

Namun di showroom lain yang masih di kawasan Tangerang, rupanya masih ada yang nasibnya sedikit lebih mujur. Pasalnya dari bulan Maret, dirinya masih bisa menjual 1 unit mobil. "Iya, sempat laku bulan lalu (Maret)," jawabnya singkat tanpa menyebutkan tipe mobilnya.

Semoga wabah Covid-19 ini tidak berlarut-larut agar roda perekonomian dan kesehatan masyarakat di seluruh dunia kembali pulih.