POPULAR STORIES

IMI Bakal Gelar Balap Motor Di Sentul Tahun Ini, Hadiah Puluhan Juta

IMI Bakal Gelar Balap Motor di Sentul Tahun Ini, Hadiah Puluhan Juta

KabarOto.com - Sebuah event balap nasional bernama Indonesia Motorsport Series (IMS) akan digelar pada Juni - Desember 2020 nanti di Sentul International Circuit, Jawa Barat. Ajang balao motor nasional dengan kasta tertinggi di Indonesia ini, digelar oleh Ikatan Motor Indonesia (IMI) sebanyak 5 putaran.

Kompetisi IMS akan menjadi ajang transformasi bagi para pembalap muda, untuk menjadi generasi tingkatan tertinggi di dunia balap sepeda motor Indonesia. IMI tak sendirian, Promotor SRM Indonesia yang di pimpin Sandra Santi Hermawati digandeng untuk menjadi Pelaksana Kejurnas IMS ini.

Baca Juga: Honda CBR1000RR-R Fireblade SP Masih Harus Kumpulkan Data

Eddy Horison, Race Direction IMS mengatakan, IMS akan menggelar lima kelas, di antaranya dua kelas utama yaitu Kejurnas Sport 150cc dan Kejurnas Sport 250 cc. Selain itu ada juga Supporting Class yaitu Sport 150 cc Rookie, Sport 250 open, Superstock 1000 cc dan Superstock 600 cc.

Motor balap dari beberapa peserta

Sampai saat ini, tim yang akan terlibat masih didominasi oleh Yamaha dan Honda. Dia pun berharap Suzuki dan Kawasaki bisa ikut turun di event balap ini. "Ajang ini bisa dijadikan tempat untuk latihan ataupun riset," jelasnya.

Ajang ini digelar sebanyak 5 putaran yaitu putaran pertama pada Sabtu-Minggu 20-21 Juni 2020, Putaran kedua 29-30 Agustus 2020, Putaran ketiga 12-13 September 2020, Putaran keempat 3-4 Oktober 2020 dan Putaran kelima 21-22 November 2020.

Untuk mengikuti event ini, satu pembalap dikenakan biaya Rp 7.500.000 selama satu musim atau 5 putaran. Sedangkan untuk tim yang ikut satu seri biaya pendaftaran untuk satu pembalap Rp 2.500.000. Biaya pendaftaran tersebut, tim sudah mendapatkan fasilitas ID card, pit boks untuk 3 pembalap, pit parking, 2 unit paddock parking dan 1 pit akses untuk motor.

Baca Juga: Akibat Virus Corona, Thailand Batalkan Penyelenggaraan MotoGP

Eddy juga menjelaskan, balapan kelas kejurnas akan digelar dua race dan untuk kelas supporting hanya satu race. Kelas superstock akan digelar bersamaan dengan kelas 600 cc dan 1.000 cc, karena peminatnya sampai saat ini masih kurang. Namun untuk juara dan hadiahnya akan dipisah. Event balap ini menyiapkan hadiah yang menggiurkan, total dalam satu seri sebesar Rp 1,2 miliar