POPULAR STORIES

Impresi Berkendara Jeep Grand Cherokee WL74

Impresi Berkendara Jeep Grand Cherokee WL74 Foto : KabarOto.

KabarOto.com - Jeep melalui DAS Indonesia telah merilis Grand Cherokee generasi kelima beberapa waktu lalu. Dalam peluncurannya, KabarOto sempat menjajal secara singkat bagaimana performa dan handling dari Grand Cherokee berkode WL ini.

Unit yang kami coba adalah versi SWB atau 5 seater. Sekadar info, DAS Indonesia membawa dua versi yakni versi 5 seater dan 7 seater, di mana keduanya punya mesin, dan ukuran berbeda.

Mulai dari posisi mengemudi, di mobil ini cukup ergonomis dan mudah diatur, karena jok dan setir dapat disesuaikan secara elektrik. Lalu bentuk jok, dan berlapis kulit dengan ventilasi pendingin pun cukup nyaman, dan memeluk erat tubuh pengemudi, sehingga betah menyetir lama menggunakan Grand Cherokee.

Baca Juga : Profil Jeep Grand Cherokee WL74

Namun ada yang tidak biasa, dan perlu menyesuaikan diri, yakni visibilitas di bagian depan. Memang kacanya cukup besar, namun karena landai dan bagian kap mesinnya panjang, kita akan tetap melihat bagian kap mesin saat berkendara, walau posisi duduk sudah sesuai. Sehingga harus jauh lebih hati-hati jika tidak ingin menyenggol separator jalan, dan lainnya.

Lanjut ke performa mesin, perlu diketahui Grand Cherokee SWB memiliki mesin Hurricane 4 silinder, DOHC direct injection, turbo ganda, berkapasitas 2.000 cc. Tenaganya sekitar 270 dk pada 5.250 rpm, dan torsi 400 Nm pada 3.000 rpm, transmisi delapan percepatan, serta penggerak full time AWD Quadra-Trac.

Baca Juga : Tidak Perlu Inden Jeep Grand Cherokee Siap Dipesan

Mobil ini punya empat mode berkendara, Sand/Mud, Snow, Auto, dan Sport. Selama sekitar 10 menit menjajal di sekitaran Alam Sutra, kami menjajal mode Auto lebih dahulu. Pada mode ini, karakter mesin lebih halus, tarikannya pun tidak terlalu membuat kaget saat kita melakukan kick down, sehingga sangat cocok gunakan mode ini ketika dipakai sehari-hari.

Penasaran performa 270 dk-nya, kita ubah mode ke Sport. Pada mode ini mesin jadi jauh lebih responsif, tidak perlu menekan gas dalam, mobil sudah menyentuh angka 50-60 kpj. Tidak butuh waktu lama menyentuh 100 kpj, walau tidak ada catatan pasti berapa waktu 0-100 kpj, tapi menurut kami akan di bawah 9 detik.

Lalu handling dan bantingan Grand Cherokee, walau bodinya besar dan ground clearance memiliki dimensi sekitar panjang 4.915 mm, lebar 1.979 mm, dan tinggi 1.816 mm, dan ground clearance sekitar 215 mm. Bantingan saat melewati speed trap yang cukup tinggi pun tidak ada masalah sama sekali, tetap nyaman walau kesannya suspensi dari Grand Cherokee ini lumayan keras. Namun hal itu terbayar dengan handling yang cukup stabil melahap tikungan pada kecepatan sekitar 80-90 kpj.