POPULAR STORIES

Profil Jeep Grand Cherokee WL74

Profil Jeep Grand Cherokee WL74 Foto : KabarOto.com. Jeep Grand Cherokee WL.

KabarOto.com - PT. DAS Indonesia Motor selaku distributor resmi Jeep di Indonesia belum lama memperkenalkan generasi kelima Grand Cherokee, sempat diberi kesempatan jajal versi Short Wheel Base (SWB) 5 seater, bagaimana spesifikasinya? Yuk kita bahas.

Grand Cherokee berkode bodi WL ini, memiliki dimensi sekitar panjang 4.915 mm, lebar 1.979 mm, dan tinggi 1.816 mm, serta jarak sumbu roda 2.964 mm, dan ground clearance sekitar 215 mm. Kapasitas bagasi sekitar 487 liter dan pelipatan jok kedua 60:40 jadi bisa lebih besar.

Desainnya juga terdapat tarikan garis baru yang lebih sporty, model fasia depan lebih pipih dinamakan Shark Nose Grill, dikombinasi seven slot grille sebagai ciri khas Jeep. Lampu utama sudah full LED berikut LED DRL dan desainnya sipit, sehingga kesannya lebih modern.

Baca Juga : Torsi Jeep Grand Cherokee SWB Lebih Besar Ketimbang LWB, Ini Sebabnya

Dari sisi samping tampak gagah dari tarikan garis tegas lurus di samping bodi, serta ada roofrail sebagai penegas aura SUV, serta di bagian pilar D ada tambahan sehingga ruang bagasi lebih besar. Dibarengi kaki kekar pelek ukuran 20 inci dibalut ban 265/60 R20.

Menerapkan sasis yang disebut Unibody, juga menggunakan suspensi multilink terbaru, membuat mobil ini lebih stabil, tanpa mengesampingkan sisi kenyamanan. Serta bodi yang dengan bobot keseluruhan lebih ringan berdampak ke efisiensi bahan bakar.

Untuk varian SWB dibekali mesin Hurricane 4 silinder, DOHC direct injection, turbo ganda, berkapasitas 2.000 cc. Tenaganya sekitar 270 dk pada 5.250 rpm, dan torsi 400 Nm pada 3.000 rpm. Disambung ke transmisi delapan percepatan, serta penggerak full time AWD Quadra-Trac.

Dari belakang kesannya memang sederhana dengan lampu stoplamp senada depan yang sipit namun sudah menggunakan LED bar. Sementara bumper belakang hanya dihiasi aksen krom dan reflektor di setiap ujungnya.

Masuk ke bagian interior Grand Cherokee generasi kelima ini, memberikan nuansa perpaduan warna beige dan hitam, berbalut bahan kulit lebih membuat nyaman berkendara. Karena ini versi buatan Amerika Serikat maka fitur seperti pemanas setir, lalu pemanas jok untuk baris pertama, dan kedua, namun fungsi pendingin hanya di baris depan, lalu pengaturan jok delapan arah, dan setir elektrik.

Tidak hanya itu, walau spidometer U-Connect sudah 5 inci, tapi ada Heads Up Display agar pengemudi bisa fokus ke jalan tanpa memalingkan mata, dengan head unit 10.1 inci komplet fungsi Android Auto dan Apple Carplay, serta dukungan speaker Alpine Premium sound, berjumlah sembilan, dan Subwoofer sudah jadi standar pemanja di mobil ini.

Di panel tengah ada pengaturan AC digital, lalu tuas pengganti mode berkendara terdiri dari Sand/Mud, Snow, Auto dan Sport, hingga tuas transmisi model putar. Tidak lupa soket untuk pengecasan, serta fitur wireless charging pun tersedia di mobil ini.

Baca Juga : Tidak Perlu Inden Jeep Grand Cherokee Siap Dipesan

Duduk di belakang pun tidak ada masalah sama sekali bagi postur 170 cm, ruang kepala dan kaki masih sangat lega. Kesan mewah juga didapat dari panoramic sunroof yang ukurannya besar hingga ke belakang, lalu tambahan privasi dari krey penutup jendela. Serta ada ventilasi AC dan soket pengecasan, begitu juga terdapat sandaran tengah dan dua cup holder sehingga duduk di belakang tetap nyaman.

Soal fitur tenang saja fitur keamanan seperti ABS dan EBD, kamera 360, Adaptive Cruise Control, Automatic Emergency Braking, Traffic Sign Recognition, Highway Assist System, Active Lane Management, dan delapan airbag sudah jadi standar dari mobil ini.

Harganya untuk varian SWB ini sekitar Rp 1,755 miliar Off The Road.