India Larang Motor Di Bawah 110cc Bawa Penumpang

India Larang Motor di Bawah 110cc Bawa Penumpang Di India Motor 110cc dilarang menggunakan boncengan (istimewa)

KabarOto.com - Sering terjadi kecelakaan karena beban terlalu berat, Pemerintah India melarang motor 110cc ke bawah membawa penumpang atau barang berlebih.

India akan menerapkan Motor Vehicles Act yang menetapkan sepeda motor di bawah 100cc hanya single seater. Yang berarti motor ini dilarang membawa penumpang atau barang berlebihan guna mengurangi risiko kecelakaan.

Baca Juga:

Pemerintah India memberlakukan peraturan yang setara dengan undang-undang lalu lintas dan angkutan jalan itu hanya akan diberlakukan pada unit yang baru dibeli, dan tidak berlaku pada unit yang telah lama beroperasi.

Jika dalam waktu dekat tidak ada keberatan ke Mahkamah Tinggi, peraturan itu segera disahkan menggantikan Motor Vehicle Act 1988 negara India, seperti diberitakan rushlane.com.

Yang jelas akan berimbas dari peraturan itu adalah pabrikan sepeda motor India, dengan memperbaiki desain produk mereka dengan mengganti jok panjang menjadi single seater.

Menteri transportasi India HM Revanna menyatakan sepeda motor di bawah 100cc tidak boleh dilengkapi dengan jok pembonceng. Demikian pula akan dilarang untuk melakukan modifikasi jok single seater. Memodifikasi jok single akan dikenai pasal overloading dan didenda.

Peraturan yang menentukan motor 100cc ke bawah dilarang membawa pembonceng pastinya akan mengubah pola berkendara di India, dan diharapkan mengurangi angka kecelakaan.

Berita Terkait

Berita Terkait