Indonesia Drag Big Bike Championship 2021, Balap Motor Untuk Pengguna Moge

Indonesia Drag Big Bike Championship 2021, Balap Motor untuk Pengguna Moge Balap motor gede yang berlangsung tahun 2017 lalu, di Landasan Udara, Rumping, Banten

KabarOto.com - Dalam rangka memenuhi kebutuhan pengguna Motor Gede (Moge) yang gemar balap, Ikatan Motor Indonesia Pusat, IMi DKI Jakarta dan Motor Besar Indonesia (MBI) akan menggelar Indonesia Drag Big Bike Championship 2021, di Sentul International Circuit, 20 November 2021 mendatang.

Event yang juga didukung oleh Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo akan melibatkan motor dengan mesin di atas 350 cc dan memacu track lurus dengan panjang 405 meter.

Baca juga: Galeri Foto Indonesia Big Bike Drag Race Championship 2017

“Event ini diadakan untuk memfasilitasi kerinduan balap motor untuk pecinta otomotif di Indonesia,” terang KBP DR. Putu Putera Sadana, Ketua Panitia Indonesian Drag Big Bike Championship 2021. Balap motor trek lurus untuk motor berkubikasi besar memang masih sangat jarang di Indonesia, Putu berharap, kegiatan ini dapat mengurangi ajang balap liar yang dapat membahayakan diri sendiri maupun orang lain.

“Untuk olah raga motor, ada tempatnya, yaitu di sirkuit. Dengan kegiatan ini diharapkan gairah olahraga otomotif makin menggelora," terang Putu. Dari balapan ini, akan lahir bibit atau calon atlet olah raga balap nasional.

Indonesian Drag Big Bike Championship 2021 juga ditujukan untuk mendukung geliat ekonomi dan pariwisata setempat, khususnya terkait dengan sport tourism. “Penonton dan peserta mungkin akan dibatasi, karena masih dalam kondisi Pandemik Covid-29," tambah dia.

Dengan digelarnya event ini, beberapa aspek ekonomi akan ikut tergerak, juga ahli otomotif dalam bidang race management, tenaga kreatif di bidang otomotif, dan lain-lain. "Kita bisa saling mendukung untuk daptapulihkan ekonomi Indonesia," terang Satrio Nur Rachmanto, Wakil Ketua Panitia Indonesian Drag Big Bike Championship 2021, yang juga adalah Ketua Umum MBI.

Baca juga: Para Pemenang Indonesian Big Bike Drag Race Championship 2017-2018 Serie 1

Balapan akan dilaksanakan dengan memenuhi persyaratan balap drag dan safety procedure dari IMI. Satu unit Harley Davidson dengan varian yang masih disembunyikan, akan menjadi hadiah untuk pemenang. Beberapa kelas yang diperlombakan di antaranya:

  1. Bracket 12

  2. Brackter 14

  3. Bracket 16

  4. Bracket FFA V Twin 350 cc Up

  5. Bracket FFA Non V Twin 350 cc Up

Selain sepeda motor, peserta juga akan memperebutkan hadiah berupa piala dan sejumlah uang, yaitu:

  • Juara 1: Rp. 5.000.000,00 dan Trophy

  • Juara 2: Rp. 3.000.000,00 dan Trophy

  • Juara 3: Rp. 2.000.000,00 dan Trophy

  • Juara 4: Trophy

  • Juara 5: Trophy