Indonesia Jadi Tempat Pengujian Skuter Listrik Yamaha E01

Indonesia Jadi Tempat Pengujian Skuter Listrik Yamaha E01 Yamaha E01 bentuknya mirip dengan Yamaha NMax (Foto: Yamaha)

KabarOto.com - Yamaha E01 merupakan skuter matik bertenaga listrik yang pernah diboyong PT Yamaha Indonesia Manufacturing Motor (YIMM) di IIMS Hybrid 2022. Motor ini sontak mendapat perhatian dari pengunjung.

Namun, Yamaha Motor Company (YMC) belum akan memproduksi motor ini. Mereka akan melakukan uji coba prototipe motor listrik dalam program Proof of Concept (PoC).

Baca juga: Yamaha Neos, Skutik Listrik Perkotaan

Yamaha E01 yang tampil beberapa waktu lalu masih konsep, dan masih akan terus diriset serta dikembangkan oleh Yamaha Jepang. Dalam uji coba ini, melibatkan enam negara, termasuk Eropa, Taiwan, Thailand, Malaysia, dan Indonesia.

Yamaha E01 (Foto: Yamaha)

Nomura Yasushi, Proof of Concept (PoC) Planner Yamaha Motor mengatakan, pengujian di enam negara dilakukan untuk mengetahui berbagai masukan. Karena setiap wilayah pengujian memiliki karakter yang berbeda, kondisi cuaca, jalan, juga kebiasaan pengendaranya.

"Contohnya, Thailand dan Indonesia beriklim tropis, Taiwan beriklim subtropis, dan iklim di Jepang serta Eropa sedang," terangnya, dalam jumpa pers dengan media secara virtual, Kamis (21/04/2022).

Baca Juga: Ini Spesifikasi Skuter Listrik Yamaha E01 Yang Mejeng Di IIMS 2022

Dengan pengujian di berbagai iklim, mereka akan mendapatkan berbagai wawasan. Pengujian POC rencananya dilakukan melalui perantara leasing, perusahaan penyewaan motor, serta perusahaan pengiriman barang.

"Kami juga mencoba melakukan pengujian terhadap kondisi mengemudi di setiap negara," tambahnya. Ia mencontohkan seperti di Eropa dan Malaysia skuter E01 bisa dipacu secara cepat di jalur bebas hambatan.

Sementara di Indonesia, Thailand dan Jepang, masyarakatnya menurut dia, sering bepergian di dalam kota, tetapi juga lintas kota. "Kemudian di Taiwan (riset dilakukan) untuk pertukaran baterai dan stasiun pengisian," tutup Nomura.