POPULAR STORIES

Industri Otomotif Indonesia Tahun 2017 Diprediksi Jauh Lebih Baik

Industri Otomotif Indonesia Tahun 2017 Diprediksi Jauh Lebih Baik Yohannes Nangoi

Kabaroto.com - Industri otomotif Indonesia tahun 2017 diprediksi akan jauh lebih baik dibandingkan 2-3 tahun terakhir, karena perekonomian Indonesia sudah semakin stabil. Selama ini, Indonesia sudah masuk ke dalam kategori one million club atau negara dengan penjualan mobil di atas 1 juta unit/tahun.

Di antara negara-negara ASEAN, Indonesia berada di peringkat pertama dalam penjualan mobil. Dari peringkat dunia, Indonesia berada di urutan ke-17 disusul Thailand (20), Malaysia (21), dan Filipina (32). Meningkatknya penjualan mobil menjadi salah satu indikator pertumbuhan ekonomi nasional.

Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Yohannes Nangoi menilai, industri otomotif tahun ini lebih baik, karena ekonomi Indonesia sudah stabil dan diproyeksikan di atas 5%. Perekonomian yang semakin baik seiring naiknya harga batubara, maka daya beli konsumen akan semakin kuat dan berpengaruh terhadap penjualan mobil.

“Harga batubara sudah naik, walaupun minyak masih rendah. Sektor lain juga membaik dan pasar global juga membaik. Mudah-mudahan bisa naik. Jadi, Gaikindo optimistis dalam memandang pasar otomotif tahun ini. Akan jauh lebih baik,” katanya kepada wartawan, Sabtu (29/4).

Menurut Yohanes, Indonesia masih menjadi pasar “seksi” bagi kendaraan, karena jumlah penduduknya yang banyak dan suka model kendaraan baru. Untuk jenis mobil yang masih digemari, katanya, adalah sport utility vehicle (SUV) dan multi purpose vehicle (MPV).

Dua kendaraan ini masih menguasai pasar, karena sesuai dengan karakter masyarakat Indonesia dan harganya pun terjangkau. Sementara, segmen low cost green car (LCGC) dinilai akan memberikan sumbangan penjualan cukup besar.

Dua pameran otomotif terbesar, yaitu Indonesia International Motor Show (IIMS) dan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) juga diyakini bisa mendorong penjualan mobil.

“Pameran mobil juga memberikan dampak signifikan terhadap penjualan mobil,” katanya.

Terkait target penjualan, Gaikindo memasang target sebanyak 1,1 juta unit atau naik 4% jika dibandingkan pencapaian 2016 sebesar 1,06 juta unit. Sementara, penjualan mobil dar I Januari-Maret 2017 sudah mencapai 283.245 unit.

Penjualan tersebut mengalami kenaikan jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu, yaitu 267.302 unit. Berdasarkan data, Toyota masih menguasai pasar dengan angka penjualan 107.180 unit, disusul Honda sebanyak 53.018 unit, Daihatsu 49.730 unit, Mitsubishi 25.919 unit, dan Suzuki mencapai 24.313 unit.