POPULAR STORIES

Industri Otomotif Jepang Siap Produksi Kendaraan Listrik Di Indonesia

Industri Otomotif Jepang Siap Produksi Kendaraan Listrik di Indonesia Ilustrasi produksi mobil (KO/Edo)

KabarOto.com - Saat ini, pemerintah tengah mendorong percepatan pengembangan kendaraan listrik di Indonesia. Salah satu upayanya, terlihat saat Kementerian Perindustrian melakukan sosialisai mengenai kesiapan regulasi yang akan segera diterbitkan kepada pelaku industri otomotif di Jepang.

"Mengenai potensi implementasi dari percepatan electric vehicle dan fasilitas PPnBM yang sedang disusun oleh pemerintah, kami komunikasikan dengan pelaku industri otomotif di sini," kata Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto seusai melakukan pertemuan dengan jajaran direksi Toyota Motor Corporation di Tokyo, baru-baru ini.

Baca Juga: Serius Garap Mobil Listrik, Audi Bakal Jegal Tesla Model 3

Lebih lanjut menurut Airlangga, dengan kemampuan yang telah dimiliki Indonesia, sejumlah produsen otomotif skala global sedang merencanakan persiapan untuk peluncuran kendaraan listrik di Indonesia dalam waktu dekat.

"Maka itu, kami berharap, pelaku industri otomotif yang ada di Jepang bisa mulai merealisasikannya di tahun 2021 atau 2022," ucap Airlangga dalam keterangan resminya.

Mobil listrik Toyota

Bahkan, dengan kebijakan yang akan dikeluarkan pemerintah, cukup mengkompensasi perbedaan harga antara kendaraan listrik dengan kendaraan internal combustion engine (ICE) yang ada sekarang.

"Perbedaan harga itu diyakini mampu mendorong sebagian konsumen untuk beralih dari yang sebelumnya menggunakan kendaraan berbahan bakar minyak ke kendaraan listrik. Sebab, akan ada keuntungan bagi pengguna kendaraan listrik, terutama efisiensi terhadap konsumsi bensin," pungkas Airlangga.

Deputy CEO Toyota Corp. Susumu Matsuda mengemukakan, dalam upaya memasarkan kendaraan listrik, pihaknya juga akan fokus dengan pengembangan teknologinya di Indonesia.

Lebih efisien dibanding mesin konvensional

"Hal ini untuk memberikan pelayanan utama kepada konsumen kami, sesuai budaya perusahaan, agar mereka praktis menggunakan kendaraan listrik," ujarnya.

Baca Juga: Profil Neo Blits, Mobil Listrik Karya Anak Bangsa Yang Bakal Melahap Medan Off-Road

Rencananya, Toyota bersama Daihatsu akan memproduksi mobil hibrida di Indonesia pada tahun 2022. Jenisnya antara lain SUV dan MPV.

"Kami menilai, kedua jenis tersebut yang akan lebih diminati konsumen di Indonesia. Kami sedang mempersiapkan produksinya," tutur Matsuda.

Toyota juga memberikan apresiasi kepada Kemenperin terhadap pelaksanaan studi mobil listrik dengan para pemangku kepentingan termasuk menggandeng perguruan tinggi.

"Hasil dari penelitian tersebut, bahwa mobil hibrida dapat mengurangi konsumsi bensin hingga setengahnya. Ini menjadi salah satu solusi yang cukup realistis," imbuhnya.