Ingat 3 Sikap Sederhana Ini Sangat Membantu Saat Alami Kecelakaan

Ingat 3 Sikap Sederhana ini Sangat Membantu Saat Alami Kecelakaan Jangan Gegabah Saat Kecelakaan (Foto: Kipli)

KabarOto.com - Perumpamaan kondisi berkendara di jalan umum terlebih lagi di Ibukota sama seperti hidup di alam liar, sulit untuk diprediksi. Meski punya kemampuan mumpuni mengendalikan kendaraan dan mematuhi semua peraturan, tetap saja kemungkinan untuk terlibat dalam kecelakaan bisa terjadi kapan saja.

Namun, ketika mengalami kondisi yang tidak direncanakan di jalan, setiap biker harus sudah mengerti apa yang harus dilakukan. Seperti dilansir Motorcycle, Kamis (8/3), ada setidaknya 3 tindakan sederhana yang mungkin bisa dilakukan saat terlibat kecelakaan.

Baca Juga: Kecelakaan Mengerikan, Motor Honda Menancap di Kaca Depan Bajaj

Pertama, jangan salah mengucap dan bertindak di tempat kejadian perkara, terlebih lagi mengakui kesalahan secara spontan. Persepsi kita, akan apa yang telah terjadi saat itu, tidak sepenuhnya merupakan pendapat yang benar. Lebih baik tenangkan diri dahulu saja.

Kemudian jangan juga mengucapkan kata “maaf”, karena kata tersebut kerap disalahartikan, dan secara tidak langsung kita dianggap sudah mengaku salah, walaupun sebenarnya hanya sekedar ingin berperilaku sopan.

Kata-kata maaf tersebut juga bisa jadi senjata mereka untuk melawan kita. Cukup sekedar membantu dan menanyakan kondisi pengemudi lain saja. Perilaku itu sudah menunjukkan itikad baik dan sopan, tidak menimbulkan kesalahpahaman.

Kedua, jangan begitu mudah setuju dengan perkataan “lupakan saja”. Negosiasi setelah kecelakaan memang merepotkan, dan kebanyakan orang tergoda untuk mengatakan “lupakan saja” dan berpisah. Lebih baik untuk membiasakan diri melakukan laporan resmi di pihak yang berwajib.

Ini akan memberikan keuntungan anda ketika melakukan klaim ke pihak asuransi. Kebanyakan pihak yang berusaha keras menolak untuk berhubungan dengan pihak berwajib, ada indikasi kalau mereka salah. Bukan hanya menjadi penyebab kecelakaan, tetapi juga kurangnya kelengkapan surat-surat yang seharusnya dimiliki pengemudi.

Ketiga, jangan begitu cepat mengambil kesimpulan dan mengatakan “saya tidak apa-apa”. Dalam banyak kasus, luka karena kecelakaan memang ada yang tidak bisa dirasakan saat itu juga, tapi baru dirasakan setelah beberapa hari.

Maka dari itu, sebelum menyimpulkan, lakukan pemeriksaan terlebih dahulu kepada petugas medis yang kompeten.