POPULAR STORIES

Ingin Lampu Rem Sepeda Motor Awet, Hilangkan Kebiasaan Buruk Ini

Ingin Lampu Rem Sepeda Motor Awet, Hilangkan Kebiasaan Buruk Ini Kipli/DAM

KabarOto.com - Lampu rem atau brake lamp merupakan salah satu komponen penting pada sepeda motor. Fungsinya, memberi tanda jika kendaraan kita berhenti.

Ketika pengendara sepeda motor melakukan pengereman dengan menarik atau menginjak tuas rem, maka lampu rem akan menyala, pengendara di belakang mengetahui bahwa kendaraan di depannya sedang melakukan pengereman.

Ade Rochman, Sub Department Technical Service PT Daya Adicipta Motora (DAM) mengatakan, menjadi satu kewajiban bagi setiap pemilik motor, memperhatikan lampu rem, demi terciptanya keselamatan berkendara di jalan raya.

Seiring waktu pemakaian berkendara, lampu ini bisa saja tidak berfungsi atau mati. Penyebabnya beragam, mulai dari bohlam lampu putus, gangguan tegangan listrik atau karena kerusakan pada area rumah lampu dan sistem kelistrikan.

Baca Juga: Begini Cara Inspeksi Mobil Bekas Modifikasi, Simak Yuk!

Ade menyarankan agar selalu menggunakan lampu orisinil, dengan kualitas yang sudah terjamin, sehingga usia pakainya lebih panjang.

Matinya lampu rem bisa disebabkan modifikasi pada bagian lampu, menggunakan watt lebih besar. "Jangka panjangnya bisa berdampak pada rusaknya komponen kelistrikan lain, misalnya saja baterai cepat drop," ujarnya.

Faktor lain, ketika sepeda motor melintasi jalan rusak dengan kecepatan cukup tinggi, getaran yang ditimbulkan akan semakin tinggi. Getaran tersebut sangat berpotensi membuat susunan komponen kelistrikan rusak.

"Sambungan antar komponen juga menjadi kendur. Jika sering dilakukan, tentunya akan mempercepat kerusakan pada komponen kelistrikan, khususnya filamen lampu," jelas Ade.

Baca Juga: Serba-serbi Panoramic Roof Di Mobil, Yuk Simak!

Ade menyarankan, ketika berkendara, usahakan jari tangan tidak terus menempel atau terkait di tuas rem. Karena tanpa disadari, bisa sedikit tertarik, lampu akan terus menyala.

"Hal tersebut juga akan berdampak pada umur pakai lampu rem tersebut. Selain itu, juga bisa menimbulkan salah komunikasi dengan pengendara di belakang," tutupnya.