Serba-serbi Panoramic Roof Di Mobil, Yuk Simak!

Serba-serbi Panoramic Roof di Mobil, Yuk Simak! Kipli

KabarOto.com - Panoramic roof pada mobil merupakan sejenis atap mobil yang terbuat dari kaca dan menggunakan ukuran kaca besar, bahkan pada beberapa tipe, bisa hampir sama dengan ukuran seluruh atap mobil.

Lazimnya, panoramic roof tidak dapat dibuka seperti sunroof, namun justru cover atau penutup yang berada di bawah panoramic tersebutlah yang bergerak.

Umumnya, panoramic roof diaplikasikan pada mobil yang berukuran besar. Adapun jenis-jenis dari panoramic roof untuk mobil yang perlu Sobat ketahui.

Panoramic roof yang pertama, kacanya terdiri lebih dari satu bagian panel. hasilnya, panel kaca terdepan bisa dibuka.

Baca juga: Tak Hanya Ada Di Mobil, Ini Tips Hindari Blind Spot Di Sepeda Motor

"Bisa membukanya dengan slide out ke atas atap mobil. Sementara itu, untuk sisa bagian panel kaca lainnya merupakan kaca permanen yang dapat dilihat dari mekanisme plafon atap ketika terbuka," ujar Farhan yang merupakan teknisi spesialis body repair di kawasan Ciledug, Tangerang.

Ia melanjutkan, atap tersebut juga berguna untuk mengalirkan udara dari dalam mobil, dengan begitu sirkulasinya pun lebih baik. Saat sunroof dibuka, kabin pun akan menerima udara dan sinar matahari secara langsung dari luar.

Jika panoramic roof dapat terbuka dengan cara sliding ke atas atap, panoramic moon roof bergerak sliding ke bagian dalam atap. Pada moonroof ini terdapat rel yang digunakan untuk menggeser kaca agar dapat terbuka serta tertutup.

Baca juga: Masih Musim Hujan Dan Lembab, Pecinta Helm Wajib Simak Tips Ini

"Atap yang satu ini digerakkan oleh rel, jadi akan sangat rawan macet. Selain itu, atap jenis ini biasanya juga digerakkan secara otomatis menggunakan tombol," katanya.

Jika relnya mengalami macet, atap mobil pun bisa terjebak serta tidak bisa Anda tutup kembali. Ini tentunya akan sangat menyusahkan, apalagi jika cuacanya sedang terik atau bahkan hujan. Jadi, perawatan sangat diperlukan.

Adapun beberapa fungsi yang bisa Sobat rasakan dari penggunaan panoramic roof ini, di antaranya memberikan kesan mewah serta elegan pada mobil, sekaligus dapat melihat keindahan alam sekitar lebih lapang.