Ini 10 Inovasi Lamborghini Aventador Selama 10 Tahun

Ini 10 Inovasi Lamborghini Aventador Selama 10 Tahun Sumber Foto : Lamborghini

KabarOto.com – Pada bulan Maret 2011 di Jenewa, saat peluncuran Lamborghini Aventador LP700-4 pertama kali saat itu sebagai sebuah produk supercar masa depan dari pabrikan mobil asal Italia.

Tepat pada tanggal 30 Juni lalu, pihak Automobili Lamborghini merayakannya dengan menjelaskan sepuluh inovasi yang diberikan untuk Aventador selama satu dekade terakhir.

Baca juga: Tak Pengaruh Covid-19, Konsumen Tunggu Antrian Lamborghini

Nilai utama dari Lamborghini Aventador bukan hanya tentang mesin V12 N/A saja. Tetapi, memiliki inovasi teknis dan teknologi yang diperkenalkan selama bertahun-tahun dengan empat versi berbeda yaitu LP700-4, Superveloce, S, dan SVJ. Berikut 10 inovasi Aventador

1. Serat Karbon

Aventador LP700-4 menjadi produk pertama menggunakan sasis berbahan serat karbon. Dengan jenis sasis monokok berbahan karbon ini telah dipantenkan yang disebut sebagai ‘Single Shell’. Yang menggabungkan kokpit mobil, lantai, dan atap dalam satu struktur, sehingga memastikan kekakuan struktural yang sangat tinggi.

Sasis Aventador

Bersama dengan dua sub-frame aluminium depan dan belakang. Penggabungan ini merupakan solusi teknik yang menawarkan kekakuan dan bobot yang sangat ringan hanya 229,5 kg. Bagian atap Aventador versi Roadster terdiri dari dua bagian yang seluruhnya terbuat dari serat karbon ini memiliki bobot kurang lebih 6 kg saja.

Untuk varian Superveloce, pada panel pintu dan kusennya sudah ditingkatkan dengan material komposite superlightwheight (SCM). Dan untuk bagian interiornya menggunakan teknologi Carbon Skin ini diklaim sangat ringan yang dikombinasikan dengan resin khusus. Bahan ini sangat lembut saat disentuh, tidak mudah aus, dan sangat fleksibel.

2. Penggerak empat roda

Kekuatan mesin Aventador perlu memiliki transmisi yang andal guna memberikan pengalaman berkendara yang terbaik. Dengan distribusi torsi yang dikontrol secara elektronik antara roda depan dan belakang ini berdasarkan tiga komponen. Tiga komponen itu adalah: distribusi torsi Haldex, diferensial self-locking belakang dan diferensial depan yang beroperasi bersama Electronic Stability Program (ESP).

Dalam waktu beberapa milidetik, sistem ini dapat menyesuaikan distribusi torsi saat kondisi tikungan maupun kondisi kritis saat kehilangan kendali ini dapat mentransfer 60% torsi ke gardan depan sesuai dengan mode yang dipilih pengemudi.

3. Suspensi

Sejak pertama kali meluncur, Aventador telah dilengkapi sistem suspensi Push Rod yang inovatif. Sistem ini terinspirasi dari Formula 1, dengan memiliki batang yang dipasang pada bagian bawah hub setiap roda yang menghantarkan (mendorong) gaya ke pegas peredam kejut yang dipasang secara horizontal di bagian atas rangka, baik di bagian depan maupun belakang.

Untuk Aventador Superveloce, sistem Push Rod ditingkatkan dengan magnetorheological shock absorber (MRS) yang memiliki respon lebih cepat dan lebih stabil saat melewati tikungan. Selain itu, ada fitur suspensi adaptif untuk mengurangi gejalan front-end diving saat melakukan pengereman.