POPULAR STORIES

Ini Akibatnya Jika Busi Motor Dibiarkan Basah

Ini Akibatnya Jika Busi Motor Dibiarkan Basah Pengendara menerabas banjir, membuat busi beresiko basah

KabarOto.com - Busi motor berfungsi untuk mengubah tegangan listrik yang disalurkan oleh koil, kemudian menjadi percikan api. Api tersebut membakar campuran bahan bakar dan udara di ruang mesin api di akhir langkah kompresi.

Jika busi terendam air, maka mesin motor akan mati. Ini yang mesti diwaspadai saat memasuki musim hujan. Lalu bagaimana jika terpaksa harus melintasi jalan yang banjir, karena harus beraktivitas?

Baca Juga: Kenali Masalah Yang Terjadi Pada Busi Motor

Bus motor harus selalu tetap kering, agar tidak konslete

Menurut Diko Oktaviano, Technical Support NGK Busi Indonesia, yang terpenting si busi aman dari cipratan. "Pastikan sil tutup busi atau cangklong tidak ada kebocoran seperti sobek," terangnya kepada KabarOto.com.

Hal lain yang harus diperhatikan adalah karet busi yang ada di cangklong itu tidak sobek atau getas. "Jangan sampai karet itu seperti robek atau getas, nanti air akan membasahi busi," terang dia lagi.

Jikalaupun misalkan harus menerjang banjir, setelah melewatinya berhenti sejenak, pastikan busi kering terlebih dahulu, baru setelah itu dipasang lagi. "Buka dulu busi itu, pastikan kering, kalau basah di lap dulu, setelah itu baru pasang lagi," tambah Diko.

Baca Juga: Berapa Lama Usia Busi Sepeda Motor? Ini Batas Maksimalnya

Dia menyarankan agar jangan jalan jika busi basah. "Jangan maksa jalan kalau busi basah," tegasnya. Karena, busi seringkali mengalami mati total, akibat konslet terkena air. "Sering banget itu, kalau dipaksain lewat air, terus tidak dibersihkan dulu busi mati. ya konslet," papar Diko lagi.