POPULAR STORIES

Busi Palsu Beredar Di Pasaran, Ini Akibat Jika Menggunakannya

Busi Palsu Beredar di Pasaran, Ini Akibat Jika Menggunakannya Busi palsu beredar di pasaran, pilih yang asli meski harganya mahal

KabarOto.com - Bukan hanya oli dan kampas rem, kini beredar juga busi palsu untuk mobil dan motor. Mereka biasanya memasarkan melalui platfor jual beli online terkemuka, bahkan bengkel. Salah datu merek busi yang dipalsukan adalah NGK. Diko Oktaviano, Technical Support Product Specialist PT Niterra Mobility Indonesia (NMI) produsen busi NGK di Indonesia meminta pemilik kendaraan waspada dan bijak memilihnya, karena akibatnya bisa fatal.

“Kalau di e-commerce penjualnnya bisa pajang foto produk otentik, tapi begitu dikirim ke konsumen, ternyata businya palsu,” ujar Diko, Rabu 24/01/2024). Sulit untuk membedakan, karena pemalsuannya sudah canggih, mirip seperti produk asli.

Baca Juga: Identifikasi Masalah Seputar Busi Sepeda Motor

“Bukan cuma kemasannya yang dibikin mirip dengan produk asli, ada juga busi bekas asli yang direkondisi jadi kayak baru, terus dijual lagi,” tambah Diko. Namun, setelah ditemukan, ternyata secara fisik mirip, tapi kalau diperhatikan dengan jelas berbeda.

“Saat kami bedah, spesifikasi material yang dipakai tidak sama,” ucapnya. Salah satu busi yang palsu adalah untuk Nissan Grand Livina, dengan kode busi LZKRA6 berjenis iridium.

Busi palsu

“Nah, busi NGK palsu untuk Grand Livina yang kami temukan di psaran ketika dibedah, material yang dipakai jauh sekali dari yang digunakan oleh NGK,” tambah Diko.

Ia mencontohkan, di bagian center electrode, busi NGK palsu tidak menggunakan material logam mulia, tapi logam biasa. “Mungkin besi pagar, kalau NGK kan bahan campuran logam mulia," tambah dia.

Selain itu, jika diperhatikan, busi palsu bagian tengah dalam ada warna kekuningan, itu materialnya tembaga,” paparnya lagi. Penggunaan material yang tidak sesuai pada busi palsu, menurut Diko dapat berdampak buruk pada mesin kendaraan.

“Mungkin awal-awal tidak begitu dirasakan. Tapi lama-kelaman akan muncul berbagai masalah, misalnya mesin jadi sering mbrebet, susah dinyalain di waktu pagi, dan sebagainya,” jelasnya. Sebab penggunaan material yang tidak sesuai, akan membuat hasil percikan api tidak akan sempurna.

Penggunaan material busi yang tak sesuai membuat material tersebut mengalami abrasif atau terkikis, nantinya akan membuat baret dinding liner. Jangan sampai mau cari busi murah, nanti mesin mobil jadi rusak dan keluarin duit lebih besar," tambahnya.

Baca Juga: Ini Kerugian Tidak Ganti Busi Ketika Sudah Waktunya

Akibat lain yang dihasilkan busi palsu, bagian tengah antara insulator dan badan busi terdapat rongga, karena busi palsu tidak dibekali bubuk khusus. "Produk NGK ada powder ya, fungsinya untuk meredam panas hasil pembakaran yang lolos lewat celah antara insulator dan badan busi," tutup Diko.