Ini Akibatnya Jika Memasang Busi Sampai Mentok

Ini Akibatnya Jika Memasang Busi Sampai Mentok

KabarOto.com - Peran busi pada kendaraan sangat penting sebagai sistem pengapian. Busi berfungsi untuk mengubah tegangan yang disalurkan koil menjadi percikan api yang membakar bahan bakar dan campuran udara di ruang mesin yang telah di kompresi.

Merawat busi tanpa harus ke bengkel sangat mudah. Namun untuk melepas dan memasang busi harus hati-hati, berikut Technical Support PT NGK Busi Indonesia, Diko Oktaviano memberikan cara melepas dan memasang busi yang benar tanpa harus merusaknya.

Baca Juga: Cara Sederhana Merawat Busi Di Rumah

Untuk melepas busi dan memasangnya harus menggunakan kunci busi. Cabut kabel penutup busi, kemudian buka busi yang lama, bersihkan atau ganti dengan yang baru. Diko menyarankan untuk memasangnya tidak perlu kencang atau sampai mentok seperti memasang baut, karena busi ini kekencangannya sangat berbeda dengan baut.

"Saat memasukan busi putar menggunakan jari tangan sampai keras, setelah itu kencangkan dengan kunci busi hanya setengah putaran saja, jangan sampai mentok. Sebenarnya saat memutar setengah itu feeling diuji, pokoknya jangan sampai mentok saja, karena kalau sampai mentok bagian ujungnya bisa patah," terang Diko.

Baca Juga: Bahaya Sembarangan Memangkas Kepala Busi

Nah, jika sampai patah di dalam, untuk mengeluarkannya harus membelah mesin. Makanya Diko mengingatkan untuk berhati-hati. Diko menambahkan, untuk pemasangan busi yang baru dan busi yang pernah dibuka dan dipasang lagi, tingkat kekencangannya berbeda. "Yang perlu diingat, jangan sampai mentok saat memasang busi," terangnya.

Berita Terkait

Berita Terkait