POPULAR STORIES

Cara Sederhana Merawat Busi Di Rumah

Cara Sederhana Merawat Busi di Rumah Merawat busi bisa dilihat dari bentuk fisiknya, terutama bagian elektroda. (Foto: Istimewa)

KabarOto.com - Busi memiliki peran yang penting pada sebuah kendaraan, khususnya motor. Jika busi motor tidak dilakukan perawatan maka kondisi kendaraan pun tidak bisa digunakan dengan sempurna, bisa jadi malah mogok. Tidak sulit untuk merawat busi sendiri, tanpa ke bengkel, Anda pun bisa merawatnya di rumah.

Diko Octaviano, Technical Support PT NGK Busi Indonesia mengatakan, pergantian busi harus berdasarkan kilometer, sebaiknya diganti setiap 6.000 km. "Merawat busi bisa dilihat dari bentuk fisiknya, terutama bagian elektroda, jika mengalami erosi maka busi itu harus diganti," terang Diko.

Baca Juga: Bahaya Sembarangan Memangkas Kepala Busi

Dia menyarankan agar setiap 100 sampai 500 kilometer kepala busi atau elektroda dibersihkan kepalanya, supaya kinerja pengapian bisa maksimal. Karena pemakaian karbon hasil pembakaran akan menutupi kepala busi yang akan berdampak pada proses percikan.

Setiap 100 sampai 500 kilometer kepala busi atau elektroda dibersihkan kepalanya. (Foto: Istimewa)

"Cara membersihkannya harus diperhatikan dengan baik, jangan bersihkan kepala busi dengan sikat kawat atau amplas karena akan merusak kinerja busi," tambah Diko.

Baca Juga: Produsen Busi NGK Membuat Baterai Untuk Kendaraan Listrik

“Kalau membersihkan busi dengan sikat kawat itu kan metal ketemu metal, akibatnya akan berpotensi retak atau patah di bagian elektroda," tambahnya. Diko menyarankan untuk menggunakan sikay nilon atau sikat gigi, bersihkan kepalanya saja sudah cukup," tambahnya.

Nah, jika bagian elektroda atau kepala ini rusak, maka tidak bisa diperbaiki atau diakali lagi, busi harus diganti agar tidak menimbulkan masalah pada mesin motor.